Advertisement

Kritik Kekerasan Seksual Lewat Seni Pertunjukan Teater di 2 Negara

Sunartono
Kamis, 23 Februari 2023 - 07:07 WIB
Sunartono
Kritik Kekerasan Seksual Lewat Seni Pertunjukan Teater di 2 Negara Joanne Win. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sekelompok seniman teater yang tergabung dalam Regina Art akan menampilkan pertunjukan monolog dengan tajuk Cotton Candy di Kota Meksiko dan New York, Amerika Serikat. Pementasan ini akan menceritakan pergulatan korban kekerasan seksual yang berharap kesembuhan dan keadilan.

Pementasan di Meksiko rencananya digelar pada tanggal 25 Februari 2023 jam 16.00 di Re-Crea Teatro Kota Meksiko, dan setelah itu akan menuju Kota New York, Amerika Serikat untuk persiapan pementasan pada Maret 2023 mendatang.

Advertisement

BACA JUGA : NgayogyaMantra, Disbud DIY Apresiasi Kehadiran 50 Tahun

Karya ini disadur dari Ruang Arumanis yang pernah dipentaskan pada 24 Agustus 2022 lalu di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Menceritakan tentang penyintas kekerasan seksual yang akan diperankan oleh Joane Win. Melalui seni pertunjukan teater khususnya monolog, Joane berkisah tentang peristiwa kekerasan seksual yang kerap menimpa perempuan.

"Pelecehan dan kekerasan seksual terhadap perempuan banyak terjadi, dan bisa menimpa siapa saja. Semua orang semestinya memiliki kesadaran dan penghormatan terhadap perempuan,” kata Joane dalam rilisnya Rabu (22/2/2023).

Lewat pementasan itu kelompok seniman ini berupaya memperkuat kesadaran publik tentang masalah kekerasan seksual. Selain itu mengingatkan bahwa kekerasan terhadap perempuan merupakan salah satu bentuk pelanggaran HAM. Pementasan juga akan mengekspresikan dampak jangka panjang yang ditimbulkan pada penyintas kekerasan seksual, masalah hukum dan stigma yang berkembang di masyarakat.

BACA JUGA : TBY Kembali Gelar Parade Teater Linimasa#5

"Kekerasan seksual adalah masalah yang serius. Oleh karena itu, kita semua dapat berpartisipasi dan saling mendukung dalam mengatasi masalah ini, baik sebagai seniman, aktivis, atau sebagai bagian dari masyarakat yang peduli,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement