Advertisement

Pria Ini Selalu Diikuti Burung Bangau Kemana Saja, Ternyata Ini Sebabnya

Lajeng Padmaratri
Kamis, 16 Maret 2023 - 22:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Pria Ini Selalu Diikuti Burung Bangau Kemana Saja, Ternyata Ini Sebabnya Pria India yang selalu diikuti burung bangau. / Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, UTTAR PRADESH—Seorang pria India telah menjadi bahan perbincangan di negara bagian asalnya di Uttar Pradesh berkat sahabatnya yang tidak biasa, yaitu seekor burung bangau liar, terus mengikutinya kemana pun dia pergi.

Melansir Oddity Central, pria itu bernama Mohammed Arif, 30. Ia seorang operator pemanen dari desa Mandka, di Uttar Pradesh.

Advertisement

Suatu hari pada bulan Februari 2022, ia sedang bekerja di ladang ketika dia melihat burung bangau sarus yang terluka dan sangat membutuhkan bantuan. Hewan itu berdarah dari satu kaki dan tampak sangat sakit, jadi pemuda itu mendekatinya dan membawanya pulang untuk dirawat hingga sembuh.

Meski butuh beberapa hari, tetapi bangau berleher merah itu pulih sepenuhnya. Uniknya, alih-alih terbang menjauh saat dibebaskan, burung agung itu seolah terjebak oleh penyelamatnya. Mohammed tidak menawannya, namun burung itu justru menempel padanya dan menemaninya kemana-mana

“Burung itu mengeluarkan banyak darah di kaki kanannya dan saya bisa melihat dia sangat kesakitan. Tanpa berpikir dua kali, saya mengambilnya dan membawa pulang. Saya menaruh obat di kakinya dan mengoleskan plester dengan memasang tongkat bambu dan menutupinya dengan perban. Ia tinggal di gudang dengan atap seng,” kata Mohammed tentang hari dia bertemu bangau itu.

Saat sembuh, burung tersebut berbaur dengan burung peliharaan Mohammed di pekarangan rumahnya saat ia sedang pergi bekerja. Begitu pria itu pulang, ia langsung mendatanginya, minta dipeluk dan berbagi makanannya.

Setelah dua bulan pasca diselamatkan, burung yang diberi nama 'Bachcha' itu sembuh total, tetapi menolak untuk terbang dan lebih memilih untuk tetap bersama sahabatnya. 

“Hidup tidak lagi sama sejak saat itu,” kata Mohammed.

“Kini, kemanapun saya pergi, bangau ini menemani saya seperti anggota keluarga. Ketika saya sedang bekerja mengoperasikan pemanen, burung itu berjalan-jalan di ladang dan kemudian kami berdua makan siang bersama, sebelum kembali ke rumah di musim dingin,” lanjutnya.

Pria India itu mengatakan bahwa selama musim dingin, bangau sarus lainnya mengunjungi Bachcha dan mereka bermain bersama. Akan tetapi, saat mereka akhirnya terbang, Bachcha selalu memilih tinggal. Terkadang, saat Mohammed keluar rumah dengan sepeda motor, bangau tersebut ikut terbang bersamanya dan mampu melaju dengan kecepatan 30-40 km/jam. 

“Pekerjaan saya membawa saya ke lokasi yang berbeda dan saya menikmati tatapan yang saya dan Bachcha dapatkan saat kami menempuh jarak 40-50 km setiap hari,” kata dia.

Menariknya, burung bangau itu hanya memperhatikan Mohammed Arif, pria yang merawatnya hingga sembuh. Meskipun Bachcha telah bersama istri dan anak-anaknya selama lebih dari setahun, mereka tidak berani mendekatinya. Setiap kali istrinya mencoba mendekati burung itu atau bahkan membawakannya makanan, ia menyerang untuk menjauhkannya.

Pakar satwa liar menggambarkan hubungan antara Bachcha dan manusia penyelamatnya sebagai sangat tidak biasa, karena bangau sarus dikenal sebagai spesies bangau yang paling tidak sosial. Mereka sangat protektif saat bersarang dan bisa sangat agresif terhadap penyusup yang terlalu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ticket Hunter dan Pemudik! Ini Daftar Promo Tiket Mudik Lebaran

News
| Minggu, 25 Februari 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement