Advertisement

Profil Nani Wijaya, Aktris Senior yang Meninggal Dunia Hari Ini

Astrid Prihatini WD
Kamis, 16 Maret 2023 - 09:37 WIB
Jumali
Profil Nani Wijaya, Aktris Senior yang Meninggal Dunia Hari Ini Nani Wijaya - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Aktris senior Nani Wijaya meninggal dunia pada Kamis (16/3/2023) dinihari, berikut ini profilnya. Simak ulasannya di profil artis kali ini.

BACA JUGA: Mieke Wijaya Meninggal Dunia di Hari Kedua Lebaran

Advertisement

Kabar duka tersebut kali pertama dibagikan oleh putrinya, Cahya Kamila, melalui laman Instagramnya pada Kamis (16/3/2023). “INNALILLAHIWINAILAIHIROJIUN Telah bepulang ibunda kami tercinta dengan tenang Ibu Hj. Nani Widjaya . Di Rs Fatmawaty 16 Maret 2023 pd pukul 3.28. Mohon dimaafkan segala kesalahan yg disengaja maupun tidak disengaja,” demikian tulisnya seperti dikutip dari Instagram @cahyakamila88 pada Kamis.

Sebelum meninggal dunia, artis pemeran Bajaj Bajuri itu sempat dibawa ke rumah sakit lantaran sesak napas. Pada 1 Maret 2023, Cahya Kamila sempat membagikan foto dirinya dan sang ibunda bepergian bersama. “KEEP HEALTHY YA BU LOVE IBU,” demikian tulisnya menyertai unggahan itu.

Nama dan profil Nani Wijaya di dunia hiburan sudah tak asing asing lagi. Aktris senior tersebut telah berkiprah dalam dunia seni peran sejak tahun 1960. Bahkan hingga di waktu senjanya, namanya tetap berkibar seakan tak tertelan zaman.

Dikutip dari berbagai sumber, Kamis (16/3/2023), debutnya di dunia seni peran dimulai pada 1958 dalam Linda. Ketika duduk di bangku SMP ia diterima jadi pemain pembantu dalam Darah Tinggi (1960). Setahun kemudian mendapat peran utama dalam Di Balik Dinding Sekolah. Pada 1962-1968, ia lebih banyak bermain sebagai pemeran pembantu, antara lain dalam A Sing Sing So, Njanjian di Lereng Dieng, dan Petir Sepandjang Malam (1967)

Diketahui, nama Nani Wijaya melejit setelah berperan dalam film Yang Muda yang Bercinta pada 1977. Bahkan sepanjang hidupnya hingga 2017, ia tercatat telah bermain dalam 111 film layar lebar.

Profil Nani Wijaya dalam kehidupan pribadi diketahui merupakan kelahiran Cirebon, 10 November 1944. Setelah lulus SMA diketahui sebelum total terjun ke dunia layar lebar melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia mengambil jurusan Kriminologi di Fakultas Ilmu Sosial. Usut punya usut ternyata ia juga diterima di Antropologi, namun, kriminologi tetap menjadi pilihannya.

Selain masa kejayaan kariernya yang cemerlang kehidupan pribadi Nani pun tergolong sepi dari gosip. Diketahui, Nani menikah dengan Misbach Yusa Biran, seorang sutradara film pada usia 24 tahun. Dari pernikahannya ia dikaruniai 6 orang anak, yaitu Nina Kartika, Tita Fitrah Soraya, Cahya Kamila, Firdausi, Farry Hanief, dan Sukma Ayu.

Ujian kehidupan pernah dirasakan Nani Wijaya saat anaknya Sukma Ayu didera penyakit yang tak kunjung sembuh. Sukma Ayu koma selama 5 bulan, 16 hari setelah menjalani operasi di Rumah Sakit Medistra, Jakarta dan akhirnya meninggal dunia pada 2004.

Kemudian sang suami tercinta meninggalkannya pada 11 April 2012. Kesendirian Nani Wajaya tak membuatnya murung karena ia bangkit untuk syuting menjadi peran penting dalam sinetron striping Tukang Bubur Nak Haji.

Di usia senja yakni 72 tahun, hidup Nani Wijaya semakin berwana kala menikah dengan seorang sastrawan Ajib Rosidi pada 16 April 2017. Pada 2020, Ajip Rosidi meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kritis UKT saat Rakernas PDIP, Megawati: Masa Mau Pinter Disuruh Bayar Mahal?

News
| Minggu, 26 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement