Advertisement

Unik! Seorang Ibu Bikin Sabun dari ASI, Pendapatannya Rp1,3 Milyar

Lajeng Padmaratri
Kamis, 16 Maret 2023 - 23:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik! Seorang Ibu Bikin Sabun dari ASI, Pendapatannya Rp1,3 Milyar Seorang ibu di Amerika Serikat membuat sabun berbahan ASi. / Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, OHIO—Air susu ibu (ASI) tak hanya bermanfaat untuk bayi. Rupanya ASI juga bisa diolah menjadi sabun.

Di tangan kreatif Taylor Robinson, seorang ibu asal Ohio, Amerika Serikat, ASI basi masih bisa bermanfaat dijadikan sabun.

Advertisement

Melansir Independent, sabun ASI itu diolah menggunakan kombinasi susu yang dicairkan, disumbangkan, dan kedaluwarsa. Dia kemudian mencampur susu dengan minyak yang berbeda.

Wanita berusia 31 tahun ini membuat pesanan khusus yang membuat ibu-ibu lain mengirimkan ASI mereka dari seluruh dunia ke bisnis pesanannya. Dia mendapat ide sekitar dua tahun lalu ketika temannya meminta bahan sabun. Saat itu, ia masih menyusui putranya, Leo.

Ibu dua anak ini mengaku telah menghasilkan £82.000 atau setara Rp1,3 miliar setelah menjalankan bisnisnya selama dua tahun. Ia menjual sabun seharga £11,50 (Rp190 ribu) per batang.

Menurut Jam Press, ada manfaat kesehatan dari ASI untuk sabun, yaitu dianggap mengurangi kemerahan, sifat berminyak, jerawat, kepekaan dan gatal.

"Reaksinya [pelanggan] bervariasi dari sangat jijik hingga sangat kagum. Meski begitu, ini adalah bagian yang sangat indah tentang keibuan yang masuk ke dalam sabun kami,” kata Robinson.

Ia bercerita, bahwa generasi yang lebih tua dan jauh lebih muda biasanya merasa jijik dengan sabun ASI. Namun, generasi Milenial dan Gen-Z menyadari betapa menakjubkannya ASI dan menggemarinya.

“Ketika teman saya meminta saya untuk membuatnya pada awalnya, saya pikir itu agak aneh. Aneh dia ingin menggunakan ASI saya, tetapi setelah membacanya saya menyadari betapa menakjubkannya itu dan membuatnya,” kata dia.

Robinson memulai bisnisnya pada tahun 2020. Bisnisnya itu dinamai Leo Jude Soap Co, sesuai dengan nama putranya yang berusia tiga tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Independent

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Truk Tangki BBM Pertamina Terbakar di Tol Ngawi-Kertosono

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement