Advertisement

Ini Waktu Terbaik Mandi Setelah Olahraga

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 16 Maret 2023 - 16:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini Waktu Terbaik Mandi Setelah Olahraga Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Setelah berolahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat. Cairan keringat ini jika dibiarkan akan membuat tubuh lengket dan bisa menjadi penyebab munculnya bakteri sehingga perlu mandi untuk membersihkannya. 

Namun, mandi tidak sebaiknya tidak langsung dilakukan setelah berolahraga. Perlu jeda sejenak agar keringat menyerap terlebih dahulu ke dalam tubuh. 

Advertisement

Lalu, kapan waktu terbaik untuk mandi setelah olahraga?

Dilansir dari halodoc, memang sebaiknya jangan langsung mandi setelah berolahraga tetapi beri jeda sekitar 20-30 menit sampai keringat kering dan suhu tubuh kembali normal.

Selagi menunggu waktu, hal yang bisa dilakukan adalah pendinginan berupa peregangan. Pendinginan penting untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh seperti semula dan mencegah pegal-pegal setelah berolahraga. 

Baca juga: Catat! Menu Sahur Berkuah Enak dan Simple untuk Dimasak

Mandi setelah berolahraga boleh menggunakan baik air hangat maupun air dingin. Dua-duanya bisa memberikan manfaat masing-masing.

Menurut Dr. Kristin Maynes, spesialis terapi fisik di California, mandi air hangat dapat melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, membantu menenangkan otot, dan memulihkan otot serta sendi. Selain itu, mandi air hangat juga bisa membuatmu lebih rileks setelah lelah berolahraga.

Namun, mandi air dingin juga bisa memberikan banyak manfaat, antara lain membantu tubuh untuk melindungi organ dalam dengan cara mendorong darah mengalir jauh hingga ke kulit, meredakan rasa panas yang timbul akibat berolahraga, dan mencegah terjadinya radang otot atau radang nyeri yang disebabkan karena berolahraga terlalu intens.

Mandi air dingin juga bisa membantu menyempitkan pembuluh darah yang melebar dan mengurangi aktivitas metabolik yang bisa menyebabkan kerusakan jaringan serta pembengkakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kritis UKT saat Rakernas PDIP, Megawati: Masa Mau Pinter Disuruh Bayar Mahal?

News
| Minggu, 26 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement