Advertisement

Unik, Perusahaan Ini Ciptakan Bola Basket Tembus Pandang

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 14 Maret 2023 - 12:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Unik, Perusahaan Ini Ciptakan Bola Basket Tembus Pandang Bola basket buatan Wilson. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAWilson, perusahaan raksasa peralatan olahraga, baru-baru ini meluncurkan prototipe bola basket cetak 3D yang tidak perlu digelembungkan dan menampilkan desain tembus pandang.

Jika biasanya bola basket menggunakan lapisan kulit sebagai bahan utamanya, Wilson mengandalkan elastisitas bahan polimer "kelas riset" untuk menghasilkan pantulan yang sama seperti bola basket tradisional.

Advertisement

Bola ini tembus pandang, dengan ratusan lubang heksagonal kecil yang memungkinkan udara masuk. Bola ini tidak membutuhkan tenaga untuk menggelembungkan, terhindar dari risiko tusukan, dan risiko udara keluar melalui katup dalam waktu yang lama.

Dilansir dari Oddity Central, Wilson memastikan bahwa pemain masih bisa memasukkan jari mereka ke garis jahitan untuk cengkeraman yang lebih baik. 

Bola ini bisa terlihat bagian dalamnya, dengan ratusan lubang kecil heksagonal yang memungkinkan udara melewatinya.

Baca juga: Unik! Warga Desa Ini Pakai Lagu untuk Berkomunikasi

Untuk menciptakan produk ini, Wilson bekerja sama dengan perusahaan manufaktur EOS. Wilson mencetak 3D prototipe tanpa udara ini menggunakan metode selective laser sintering (SLS) untuk menyatukan serbuk polimernya.

The Wilson Airless Prototype diresmikan bulan lalu, selama NBA All-Star Weekend. Namun perusahaan mengakui bahwa ini masih merupakan prototipe yang memerlukan lebih banyak pengujian.

Ada beberapa pertanyaan yang tidak bisa dijawab mengenai bola basket futuristik ini. Seperti bagaimana cara memegangnya karena bahan berbasis polimer baru dan rancangan kisi-kisinya. Kemudian bagaimana udara yang masuk bisa berdampak pada lemparan, bagaimana dengan saat kondisi cuaca berangin, serta bagaimana reaksinya bila bola diputar.

Sepertinya lubang-lubang heksagonal tidak memungkinkan untuk memutar bola di atas ujung jari. Dan bagaimana bila bola kemasukan kerikil, apakah masih bisa memantul.

Yah, sepertinya kita hanya harus menunggu sampai Wilson meluncurkan bola basket tanpa udara secara komersial, jika memang memutuskan untuk melakukannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dataran Tinggi Dieng Diajukan sebagai Geopark Nasional

News
| Selasa, 23 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement