Advertisement

Okapi Spesies Unik Mirip Zebra, Tidurnya Cuma Lima Menit Sehari

Lajeng Padmaratri
Rabu, 08 Maret 2023 - 21:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Okapi Spesies Unik Mirip Zebra, Tidurnya Cuma Lima Menit Sehari Okapi, hewan liar asli Afrika yang mirip persilangan zebra. - Mongabay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Okapi mungkin jadi salah satu hewan paling unik di dunia. Betapa tidak, penampakannya mengingatkan kita bahwa dia mirip zebra, padahal berkerabat dekat dengan jerapah.

Melansir National Geographic, spesies yang memiliki nama ilmiah Okapia johnstoni itu berasal dari Hutan Hujan Ituri di Republik Demokratik Kongo. Hutan itu menjadi satu-satunya tempat di mana ia dapat ditemukan di alam liar.

Advertisement

Secara visual, ia mirip persilangan antara rusa dan zebra, padahal dia satu-satunya kerabat jerapah yang masih hidup. Ia punya kepala jerapah, namun keempat kakinya punya garis-garis zebra.

Julukannya beragam, mulai dari “jerapah hutan” hingga “unicorn Afrika”. Sementara semua jantan memiliki tanduk, sebagian besar betina malah memiliki benjolan yang menonjol.

Okapi lebih senang menyendiri dan tidak suka dilihat spesies lain. Hingga seorang pengembara bernama Henry Stanley menemukannya pada tahun 1890 dan keberadaan tentang hewan ini mulai berkembang.

Uniknya, hewan yang tergolong herbivora ini punya kebiasaan tidur yang tidak biasa. Okapi hanya tidur lima menit per hari! Ini termasuk sekitar sepuluh fase tidur gelombang lambat, tetapi masing-masing tidak pernah lebih dari 30 detik. Namun, okapi suka tidur sebentar dan menghabiskan waktu hingga enam jam per malam di tempat istirahatnya.

Sayangnya, spesies ini terdaftar sebagai terancam punah oleh IUCN. Kini Suaka Margasatwa Okapi di Afrika menampung sebanyak 20% dari perkiraan 30.000 okapi liar yang tersisa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Truk Tangki BBM Pertamina Terbakar di Tol Ngawi-Kertosono

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement