Advertisement

Disebut Banyak Keutamaan, Catat! Ini Malam Nisfu Syakban 2023

Nugroho Meidinata
Kamis, 23 Februari 2023 - 14:07 WIB
Jumali
Disebut Banyak Keutamaan, Catat! Ini Malam Nisfu Syakban 2023 Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Memiliki banyak keutamaan, kira-kira kapan malam Nisfu Syakban 2023?

BACA JUGA: Amalan yang Dianjurkan Saat Malam Nisfu Syakban

Advertisement

Nisfu Syakban merupakan salah satu hari yang istimewa karena diyakini semua dosa akan dihapuskan bagi mereka yang memohon ampunan. Hal ini juga tercantum dalam hadis Rasulullah SAW berikut ini.

“Apabila tiba malam Nisfu Syakban, maka malaikat berseru menyampaikan dari Allah: adakah orang yang memohon ampun maka aku ampuni, adakah orang yang meminta sesuatu maka aku berikan permintaannya.” (HR al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman).

Oleh karena itu, banyak umat muslim yang berburu amalan di malam Nisfu Syakban. Lalu, kapan kira-kira malam Nisfu Syakban 2023?

Nisfu Syakban sendiri jatuh pada tanggal 15 Syakban. Mengutip situs resmi Nahdlatul Ulama (NU online), 1 Syakban 1444 H jatuh pada Rabu, 22 Februari 2023.

Melihat hal tersebut, Nisfu Syakban 2023 jatuh pada Rabu, 8 Maret 2023, sedangkan untuk malam Nisfu Syakban 2023 dimulai pada Selasa, 7 Maret 2023 malam.

Di malam Nisfu Syakban itu, umat muslim disarankan membaca Surat Yasin tiga kali dan disertai dengan doa. asin pertama diniatkan untuk panjang umur dalam kondisi taat dan patuh pada Allah. Yasin kedua diniatkan untuk tolak bala’ dalam seumur hidup. Sementara Yasin ketiga diniati minta kekayaan dan kecukupan selama hidup.

Kemudian berdoa: “Ya Allah Ya Rabbi, dengan haq kebenaran Surat Yasin saya minta tiga hal tadi. Semoga Engkau kabulkan keinginan saya dengan kemuliaan Rasulullah SAW.” Doa tersebut dibaca sebanyak tujuh kali.

Doa-doa mulia ini dipercaya dapat dikabulkan oleh Allah sebagaimana penjelasan Malaikat Jibril: “Di malam Nisfu Syakban Allah akan membuka semua pintu langit”. Dan semua pintu-pintu langit dijaga oleh para malaikat dengan bersujud, ruku, berdoa, menangis dan lain-lain hingga meminta dikabulkan semua doa umat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Predksi BMKG: Seluruh Wilayah Indonesia Hujan Lebat Hari Ini

News
| Sabtu, 27 April 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement