Advertisement

Ruangan Tersunyi di Dunia, Suara Paling Lemah Terdengar Menakutkan di Sini

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 21 Februari 2023 - 12:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ruangan Tersunyi di Dunia, Suara Paling Lemah Terdengar Menakutkan di Sini Ruang anechoic yang merupakan lab audio Microsoft. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJASebuah ruangan di dalam Lab Audio Microsoft memegang rekor Guinness sebagai ruangan paling sunyi di dunia. Tempat ini menjadi tempat aneh yang kabarnya membuat orang berhalusinasi.

Di tengah hiruk pikuk perkembangan zaman dan kegiatan yang serba cepat, kita semua mendambakan sedikit kedamaian dan ketenangan dari waktu ke waktu, tetapi tampaknya keheningan mutlak benar-benar menakutkan di tempat ini.

Advertisement

Untungnya, ini adalah sesuatu yang tidak perlu Anda alami, kecuali jika Anda memang ingin menantang diri sendiri mengalami keheningan total di ruang anechoic ini. Ruang ini paling sunyi dari semuanya yang ada di dalam kantor pusat Microsoft di Redmond, Virginia. Dengan nilai -20,35 dBA, ruangan ini menghentikan semua kebisingan luar, membuat suara apa pun yang dihasilkan di dalam terdengar sangat menakutkan.

"Begitu seseorang memasuki ruangan, seseorang langsung merasakan sensasi aneh dan unik yang sulit untuk dijelaskan," kata Hundraj Gopal, seorang ilmuwan pidato dan pendengaran sekaligus perancang ruang anechoic Microsoft, kepada CNN dikutip dari Oddity Central.

Baca juga: Masdarwis Dorong Peningkatan Hospitality Pelaku Wisata di DIY

Di ruangan itu, suara yang sangat sayup bisa terdengar jelas karena kebisingan di sekitar ruangan sangat rendah. Bahkan saat kita menoleh, kita bisa mendengarkan gerakannya. Begitu juga saat kita bernapas. Suara-suara yang biasanya kita abaikan tersebut bisa terdengar dengan keras. 

Di ruang anechoic ini, telinga bisa mendeteksi suara yang paling lemah sekalipun sehingga justru terkesan mengerikan. Hal itu membuat orang-orang yang berada di dalam ruangan ini tidak mampu bertahan lama. 

“Waktu terlama yang dihabiskan seseorang di dalam ruangan adalah sekitar 55 menit,” kata Gopal.

“Saya perhatikan ada beberapa orang yang bisa tinggal di dalam selama 30 menit atau lebih. Tetapi yang lain meminta untuk keluar dalam beberapa detik pertama," lanjut dia. 

Ternyata bisa mendengar dengan jelas organ dalam tubuh Anda bukanlah sensasi yang paling menyenangkan di dunia. Mengalami ruangan paling sunyi di dunia bahkan lebih menakutkan dibandingkan dengan lampu mati, karena Anda benar-benar harus tetap diam, karena ketiadaan suara menyebabkan orang kehilangan keseimbangan.

Tapi seberapa sunyi ruangan paling sunyi di dunia? Nah, pikirkan seperti ini, di ruangan yang sunyi, salah satu suara terendah yang dapat didengar manusia adalah pernapasan yang tenang, dan itu berdurasi sekitar 10 dB. Ruang anechoic di kantor pusat Microsoft diberi nilai 20,35 dBA, atau 20,35 desibel di bawah ambang batas pendengaran manusia.

Ruang anechoic Microsoft terdiri dari enam lapisan beton dan baja dan berada di atas serangkaian pegas peredam getaran. Di dalam, irisan fiberglass menutupi dinding dan langit-langit untuk memecah suara sebelum dapat memantul kembali. Lantai terdiri dari kabel penyerap suara yang ditangguhkan. Seluruh tempat juga terputus dari sisa bangunan dan dunia luar, untuk mengurangi kemungkinan adanya suara yang masuk ke dalam.

Mereka yang cukup berani untuk menguji diri mereka sendiri di ruang paling sunyi di dunia akan kecewa mengetahui bahwa ruang anechoic Microsoft tidak terbuka untuk umum. Ini digunakan oleh raksasa teknologi untuk menguji berbagai gadget audio, seperti mikrofon, penerima, dan speaker, dan untuk menguji klik dan dengungan perangkat komputasi lainnya.

Namun, jika Anda dapat menerima hal terbaik berikutnya, bekas ruangan tersunyi di dunia, ruang anechoic di Orfield Labs di Minneapolis sebenarnya terbuka untuk umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : oddity central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Driver Pelaku Pemerasan Grab Car Ditangkap, Begini Kronologi Aksinya...

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement