Advertisement

Perempuan Penting Dibekali Literasi dan Inklusi Keuangan, Ini Alasannya

Sunartono
Selasa, 21 Februari 2023 - 04:57 WIB
Sunartono
Perempuan Penting Dibekali Literasi dan Inklusi Keuangan, Ini Alasannya Pelaksanaan edukasi literasi dan inklusi keuangan dengan menyasar kalangan perempuan. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perempuan memiliki peran penting dalam mengelola keuangan di lingkungan sosial, tempat kerja hingga keluarga. Oleh karena perempuan penting untuk menjadi sasaran edukasi literasi dan inklusi keuangan. Lewat pemahaman literasi keuangan pula, perempuan dapat mengembangkan potensi agar lebih berdaya baik secara mental dan finansial

Salah satu program yang digelar di Jogja berkaitan dengan literasi keuangan menyasar perempuan adalah BeYoutiful Inside Out yang diselenggarakan oleh Sun Life Indonesia sejak Januari 2023. Program ini masih terus mengajak partisipan perempuan agar mereka bisa mendapatkan pemaparan yang berguna untuk mendorong dan meningkatkan kapasitas serta potensi mereka dalam berkarya dan berkontribusi.

Advertisement

BACA JUGA : Viral Perempuan Heran dengan Kebiasaan Orang Jogja

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan pada survei nasional literasi dan inklusi keuangan, perempuan masih tertinggal jauh dari laki-laki; dengan tingkat literasi keuangan perempuan di Indonesia hanya sebesar 36,13% dan tingkat inklusi keuangan senilai 75,15%.

“Melalui program ini para perempuan dapat memiliki kolaborasi sebagai tenaga pemasar yang melakukan pengembangan bisnis, mewujudkan strategi berkelanjutan dan pemberian edukasi terhadap masyarakat terkait pentingnya memiliki proteksi dan perencanaan keuangan sedini mungkin,” kata Chief Sharia Business Sun Life Indonesia Norman Nugraha dalam keterangannya, Senin (20/2/2023).

Sasaran perempuan itu diharapkan dapat mempercepat pemerataan edukasi literasi dan inklusi keuangan serta perluasan akses terhadap proteksi asuransi sekaligus menciptakan peluang bagi siapa pun yang ingin memberdayakan potensi mereka. Para peserta diberikan kesempatan dan berpeluang bergabung sebagai tenaga pemasar asuransi.

BACA JUGA : Cerita Ojol Perempuan di Jogja Mengaspal Dini Hari Kesasar

“Dengan menggandeng perempuan untuk menumbuhkan peranan mereka dalam mengelola keuangan di keluarganya, dan supaya mereka juga dapat berpartisipasiL aktif di masyarakat guna meningkatkan potensi generasi penerus bangsa,” ujarnya

Di sisi lain pembekalan literasi keuangan itu bisa menjadi inspirasi bagi perempuan untuk memiliki sumber pendapatan tambahan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan hidup mereka. Ia berharap para wanita bisa mengembangkan dan mewujudkan semangat baru dalam berkontribusi melalui cara mereka masing-masing, sehingga kedepannya mereka bisa mencapai kesetaraan di bidang ekonomi

“Kami ingin memperluas keikutsertaan perempuan dalam menjadi pendukung krusial membangun ekonomi dunia yang sejahtera dan berkelanjutan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemprov Jateng Pasarkan Produk 20 UMKM ke Pasar Internasional

News
| Jum'at, 19 Juli 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement