Advertisement

Ragam Manfaat Seledri, Bisa Turunkan Berat Badan

ST22
Jum'at, 17 Februari 2023 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
Ragam Manfaat Seledri, Bisa Turunkan Berat Badan Seledri. - Suara.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Seledri merupakan salah satu sayuran bergizi kaya akan nutrisi yang dikenal karena rendah kalori dan kandungan air yang tinggi. Seledri  (Apium graveolens L) merupakan jenis tanaman yang memiliki kandungan senyawa fenolik dan antioksidan.  

Seledri adalah salah satu tanaman rawa yang kaya akan nutrisi yang mengandung hampir 95 persen air dengan vitamin, mineral dan serat yang baik. Tidak hanya itu seledri merupakan sumber vitamin  K,  vitamin A, Vitamin C, folat, kalium dan kalsium yang baik. Seledri ini juga mengandung kaya akan antioksidan, fitonutrien, dan flavonoid yang bermanfaat.

Advertisement

Tanaman ini dapat dikonsumsi dengan cara  dijus, maupun direbus.

BACA JUGA: Mengenal Sindrom Brugada yang Bisa Sebabkan Kematian

Selain mengurangi risiko kanker ternyata manfaat air rebusan daun seledri juga dipercaya dapat membersihkan ginjal. Selain itu, tanaman ini punya ragam manfaat, berikut ulasannya.

Ini manfaat mengonsumsi seledri bagi kesehatan tubuh:

Mengurangi risiko kanker

Seledri kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko kanker. Hal ini mengandung dua senyawa anti-kanker yang kuat apigenin dan luteolin yang dapat menghancurkan radikal bebas dan meningkatkan kematian sel kanker.

Seledri mempunyai manfaat untuk melindungi seseorang dari kanker pankreas dan payudara karena seledri memiliki polyacetylenes bioaktif yaitu senyawa yang berpotensi mencegah pembelahan sel.  

Menurunkan tekanan darah  

Seledri mengandung fitokimia dalam jumlah yang dikenal sebagai phthalates. Senyawa ini melemaskan otot-otot arteri dan meningkatkan aliran darah  

Meningkatkan kesehatan sel saraf dan mencegah kehilangan memori

Seledri mengandung pigmen yang sangat baik untuk pertumbuhan sel dan perkembangan sarah. Apigenin juga berkontribusi pada kesehatan neuron.

Membantu pencernaan

Kaya akan kandungan nutrisi dan antioksidan serta anti inflamasi, ternyata seledri dapat membantu sistem pencernaan, serat alami serta serat larut  dalam seledri akan difermentasi oleh bakteri yang ada pada usus besar untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.  

Membantu mengurangi berat badan  

Seledri sayuran merupakan sayuran rendah kalori yang bermanfaat dalam mengatur berat badan. Selain itu di dalam seledri terkandung serat yang membuat anda kenyang untuk waktu yang lebih lama.  

Mencegah peradangan

Kaya akan antioksidan seledri juga mengandung senyawa bernama luteolin yang dapat mencegah peradangan pada sel otak.

Menurunkan kolesterol jahat dan gula darah  

Manfaat air rebusan daun seledri diketahui dapat menurunkan kolesterol dan gula darah karena memiliki kandungan 3-n-butylphthalide (BuPh) yang dapat menurunkan lipid.  

Segudang kandungan yang terdapat dalam seledri ternyata memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk dapat mengkonsumsi nya cukup dengan di jus, direbus atau dimakan secara langsung.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement