Advertisement

Tato Ultraviolet Jadi Tren Baru, Unik Bisa Menyala

Lajeng Padmaratri
Senin, 13 Februari 2023 - 12:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Tato Ultraviolet Jadi Tren Baru, Unik Bisa Menyala Tato UV karya Johnny Hall. / Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, CANBERRA—Artis asal Inggris Jonny Hall terkenal sebagai salah satu seniman tato pertama yang memperkenalkan tinta ultraviolet (UV). Ia banyak membuat karya tatonya dengan tinta UV-reaktif bergaya realisme hitam-abu-abu.

Melansir Oddity Central, Hall bahkan menciptakan istilah sendiri untuk karyanya, yaitu UVealisme. Istilah ini mengacu pada penggunaan tato realis hitam-abu-abu yang mengesankan dengan pancaran halus tinta UV-reaktif.

Advertisement

Dalam cahaya biasa, tato UV nyaris tidak terlihat. Namun, jika hasil tato diletakkan di bawah bola lampu hitam ultraviolet, Anda bisa melihat dimensi desain yang sama sekali baru.

Tinta UV-reaktif sedikit lebih sulit untuk dikerjakan daripada tinta tato biasa, karena jauh lebih tipis. Namun, bila digunakan dengan cara yang tepat, hasilnya menakjubkan.

Jonny Hall telah berorientasi pada seni sejak lama. Pada usia 23 tahun, ia meninggalkan negara asalnya Inggris dan menetap di Australia untuk memulai magang sebagai seniman tato pada tahun 2015. Ia sangat tertarik pada realisme hitam-abu-abu dan dianggap sebagai seniman pertama yang memperkenalkan tinta UV-reaktif untuk tato.

“Prosesnya hampir sama dengan tato realisme biasa. Namun, sifat reaktif UV dari tato membuatnya hidup di bawah cahaya hitam. Proses pemulihannya juga persis sama dengan tato pada umumnya. Tato dibungkus selama 24 jam pertama, lalu diangin-anginkan, dibersihkan, dan dilembabkan setiap hari. Setelah satu atau dua minggu, kulit akan sembuh total,” jelasnya dikutip dari Oddity Central, Senin (13/2/2023).

Tentu saja butuh banyak eksperimen untuk memadukan tato klasik dan tinta UV dengan mulus. Bahkan beberapa orang melihat gaya unik Jonny Hall sebagai tipu muslihat. Meski demikian, Hall melihatnya sebagai cara untuk mengembangkan karyanya seunik mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement