Advertisement

Wow! Seniman Ini Ciptakan Potret dari Retakan Kaca yang Dipahat

Lajeng Padmaratri
Kamis, 09 Februari 2023 - 22:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Wow! Seniman Ini Ciptakan Potret dari Retakan Kaca yang Dipahat Karya seni milik Natnael Mekuria yang menampilkan potret yang dipahat dari retakan kaca. / Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, COLUMBIA—Bakat seorang seniman seringkali membuat kita terpukau. Salah satunya artis asal Ethiopia yang berspesialisasi membuat potret selebritas dari retakan kaca yang dipahat.

Melansir Oddity Central, artis bernama Natnael Mekuria itu baru menemukan seni kaca retak selama pandemi Covid-19. Meski begitu, pria berusia 22 tahun itu mengaku tidak butuh waktu lama menguasai bentuk seni yang tidak biasa itu.

Advertisement

Pada awalnya, dia tidak memiliki kontrol tangan yang diperlukan untuk menjaga agar kanvas kaca tidak pecah, jadi dia menghabiskan waktu berjam-jam untuk memahatnya hanya untuk membuatnya pecah berkeping-keping sebelum selesai. Namun, dia tidak menyerah hingga hari ini dia mampu mengubah panel kaca laminasi sederhana menjadi karya seni yang indah. Dia masih menghabiskan berjam-jam dengan susah payah memahat kaca, tetapi hasil akhirnya jauh berbeda dari saat dia pertama kali memulai. Menurutnya, kunci utama seni kaca retak ialah kesabaran.

“Butuh banyak latihan dan kesabaran untuk menguasai teknik ini,” kata dia.

“Tapi saya tidak menyerah. Saya terus berlatih dan belajar, dan seiring waktu, saya dapat mengembangkan metode yang konsisten dan andal untuk membuat potret kaca.”

Untuk membuat karya seninya yang menarik, Natnael mulai dengan memetakan garis besar desain pada panel kaca. Ia kemudian menghasilkan retakan kecil pada kaca menggunakan pahat logam kecil dan palu. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, dia harus mengontrol ukuran retakan dengan memukul pahat dengan berbagai tingkat kekuatan.

Natnael lahir pada tahun 2001 di Addis Ababa, Ethiopia, dan berimigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 2008. Sejak itu dia tinggal di Columbia.

Bersamaan dengan momentum pandemi, ia mencari nafkah dari karya seni kaca retaknya yang menarik. Dia telah mendapatkan kesuksesan di media sosial, dengan jutaan penayangan dan ratusan ribu pengikut di TikTok dan Instagram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement