Advertisement

Kenali Penyebab Jerawat di Punggung

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 08 Februari 2023 - 11:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kenali Penyebab Jerawat di Punggung Foto ilustrasi obat sebagai salah satu pemicu munculnya jerawat di punggung. - Reuters/Srdjan Zivulovic

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jerawat bisa juga muncul di punggung. Jika jerawat di wajah mudah terdekteksi, jerawat di punggung terkadang tidak disadari. 

Terkadang orang tidak menyadari ada banyak jerawat yang tumbuh di punggungnya. Hal ini dikarenakan jerawat di punggung tidak bisa kita lihat sendiri karena posisinya di tubuh bagian belakang. 

Advertisement

Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya jerawat punggung. Sebagian besar memang sama dengan penyebab timbulnya jerawat di wajah. 

Dilansir dari Lifebuoy, berikut ini penyebab munculnya jerawat punggung: 

1. Hormon

Jerawat pada umumnya muncul saat produksi hormon tertentu mengalami peningkatan secara signifikan, seperti saat pubertas (usia 10–13 tahun), dan pada wanita saat menstruasi dan kehamilan. Selain itu, ketidakstabilan hormon pada penderita penyakit tertentu, misalnya ovarium polikistik, juga bisa memicu timbulnya jerawat. Pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak, kemunculan jerawat akibat ketidakstabilan hormon cenderung lebih banyak, termasuk di punggung.

2. Genetik

Faktor genetik juga dapat menyebabkan seseorang lebih mudah berjerawat. Bila orang tua Anda memiliki jenis kulit berminyak, Anda pun akan memiliki jenis kulit yang sama dan kemungkinan lebih mudah berjerawat, termasuk di punggung.

3. Pakaian

Pemakaian pakaian yang ketat juga bisa menjadi penyebab jerawat di punggung. Pakaian ketat membuat kulit sulit bernapas dan menyebabkan penyumbatan keringat. Bila keringat tersumbat, maka akan memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Pakaian ketat tidak hanya memicu pertumbuhan jerawat di punggung, tetapi juga akan memperparah jerawat punggung yang sudah muncul.Pakaian tidak ketat yang basah oleh keringat juga bisa menyebabkan munculnya jerawat punggung. 

4. Tempat tidur kotor

Seprai, bantal, guling, serta kasur wajib dibersihkan secara rutin. Jika ini tidak dilakukan, tempat tidur Anda bisa menjadi kotor, lembap, dan berminyak sehingga disukai bakteri untuk tinggal dan berkembang biak. Menjaga kebersihan tempat tidur merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya masalah kulit, termasuk jerawat punggung. Cuci seprai, sarung bantal dan guling setiap seminggu sekali untuk menjaga kebersihan tempat tidur.

5. Konsumsi obat tertentu

Beberapa jenis obat dan suplemen juga bisa memengaruhi produksi hormon yang pada akhirnya memicu pertumbuhan jerawat. Contoh obat yang dapat memicu timbulnya jerawat punggung adalah antidepresan, suplemen bubuk protein, suplemen yang mengandung hormon, atau pil KB dengan efek samping menimbulkan jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tahun Lalu, Kemenaker Terima 1.558 Pengaduan soal THR

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement