Advertisement

Intip 9 Manfaat Kayu Secang untuk Tubuh dan Cara Mengkonsumsinya

Nuraini
Selasa, 07 Februari 2023 - 10:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Intip 9 Manfaat Kayu Secang untuk Tubuh dan Cara Mengkonsumsinya 9 Manfaat Kayu Secang dan Cara Mengkonsumsinya / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kayu secang merupakan salah satu tanaman yang biasa diolah menjadi minuman herbal karena manfaatnya yang tak perlu diragukan lagi.

Lantas, apa saja manfaat minuman dari kayu secang? Temukan jawaban selengkapnya pada ulasan berikut ini, dikutip dari Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com: 

Advertisement

Kumpulan Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan senyawa aktif dalam kayu secang membuat kayu ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Melansir dari situs Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga dan sumber referensi lainnya, berikut penjelasan selengkapnya.

1. Menurunkan kadar gula dalam darah

Kayu secang diketahui bisa memberikan efek hipoglikemia. Perlu diketahui bahwa hipoglikemia merupakan kondisi saat kadar gula dalam darah menurun.

2. Mengatasi infeksi bakteri

Kandungan kayu secang berupa etanol diketahui bisa mengurangi pertumbuhan bakteri. Maka dari itu, kayu secang bisa mengatasi penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

3. Mencegah pertumbuhan jamur

Selain menghambat pertumbuhan bakteri, kayu secang juga bisa menghambat pertumbuhan jamur. Dengan demikian, kayu secang dapat mengurangi infeksi akibat jamur.

4. Mengobati diare

Efek samping kayu secang lainnya yaitu bisa menyembuhkan diare. Hal tersebut dikarenakan kayu secang memiliki sifat anti diare.

5. Mengurangi alergi

Manfaat kayu secang lainnya yaitu bisa mengurangi gejala alergi. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kayu secang memiliki kandungan chalcone, sehingga bisa mengurangi alergi.

6. Mengobati jerawat

Salah satu manfaat kayu secang untuk kulit wajah yaitu bisa mengobati jerawat. Kayu secang diketahui mengandung brazilin. Senyawa inilah yang diketahui bisa melawan bakteri penyebab jerawat.

7. Mencegah penuaan dini

Kandungan kayu secang berupa antioksidan seperti flavonoid, fenol, dan terpenoid diketahui bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Kondisi tersebut dapat membantu mencegah penuaan dini.

8. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak kayu secang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker, seperti kanker prostat dan kanker payudara. Meskipun demikian, manfaat ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

9. Melindungi kulit dari sinar UV

Aktivitas di luar ruangan saat siang hari membuat kulit mudah terpapar sinar UV. Kondisi tersebut tentu dapat mengganggu kesehatan kulit. Salah satu cara alami untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV yaitu dengan rutin minum air secang.

Cara Mengkonsumsi Kayu Secang yang Benar

Masih mengutip dari situs Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, biasanya kayu secang diolah menjadi wedang atau minuman herbal. Batang kayu secang yang sudah diserut atau dipotong kecil-kecil kemudian dicuci bersih.

Setelah itu, rebus kayu secang sampai mendidih. Akan tetapi, jangan merebus lebih dari 45 menit karena bisa menghilangkan kandungan baik dalam kayu secang.

Kemudian, tambahkan juga rempah-rempah berkhasiat lainnya seperti cengkeh, kayu manis, serai, dan kapulaga. Anda juga bisa menambahkan sedikit gula pasir, gula batu, maupun madu untuk membuat minuman herbal tersebut berasa manis.

Minuman herbal ini memiliki rasa yang segar dan cocok diminum saat musim hujan atau cuaca dingin.

Itulah beberapa manfaat kayu secang untuk kesehatan tubuh. Meskipun memiliki banyak manfaat, minuman herbal dari kayu secang sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan.

Selain itu, imbangi juga dengan pola hidup sehat seperti konsumsi makanan dan minuman bernutrisi, rutin olahraga, dan istirahat dengan cukup. Dengan demikian, tubuh menjadi sehat dan bugar. Selain itu, bila timbul gejala tertentu setelah mengkonsumsi minuman dari kayu secang, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter ahli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement