Advertisement

Khasiat Ampuh Kunyit untuk Wanita

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 26 Januari 2023 - 07:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Khasiat Ampuh Kunyit untuk Wanita Ilustrasi kunyit - ist/liversupport

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sudah sejak lama kunyit asam dipercaya turun-temurun sebagai pengurang rasa nyeri saat wanita haid.

Sebuah artikel menyebut kunyit memiliki aktivitas estrogenik yang serupa dengan salah satu hormon seks wanita yang penting dalam siklus menstruasi, yakni estrogen. Alhasil, kunyit membantu wanita dalam menghadapi gangguan menstruasi.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Mengutip dari hellosehat, berikut ini khasiat ampuh kunyit untuk wanita haid:

Baca juga: Kayuh Becak! Ini Kronologi Lengkap Pembobolan Rekening Nasabah BCA di Surabaya

1. Melawan PMS

Sebelum mendapat haid, beberapa wanita akan mengalami sindrom pramenstruasi (PMS). PMS yang terjadi pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang merasa sakit kepala, lemas, pilek, atau muncul jerawat. Untuk melawan berbagai gejala PMS tersebut, kunyit akan mendorong daya tahan tubuh Anda. Sistem kekebalan tubuh yang bekerja dengan baik ampuh untuk mencegah pilek dan infeksi bakteri yang menyebabkan jerawat. Selain itu, tubuh yang daya tahannya kuat juga akan terhindar dari sakit kepala dan rasa lemas karena tubuh Anda jadi lebih bugar dan sehat.

2. Mengatasi kram perut

Kram perut saat haid terjadi karena kontraksi yang kuat pada otot-otot rahim Anda. Bagi beberapa wanita, kram perut yang terjadi saat menstruasi bisa terasa begitu menyakitkan. Sebagian orang akan kesulitan menjalani fungsi sehari-hari karena tak mampu menahan sakitnya. Maka, jika Anda termasuk orang yang sering mengalami kram perut saat haid, segera konsumsi kunyit. Kandungan aktif kurkumin dalam kunyit berfungsi sebagai agen antiperadangan yang mampu menenangkan kontraksi yang terjadi pada otot rahim dan usus.

3. Mengatasi nyeri haid

Tak hanya perut Anda yang terasa sakit ketika menstruasi. Beberapa bagian tubuh lain seperti punggung bawah, panggul, atau payudara juga bisa terasa sangat nyeri. Kunyit memiliki sifat analgesik yang bisa mengurangi nyeri pada berbagai bagian tubuh. Kandungan kurkumin akan menghambat produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menyebabkan peradangan dan rasa nyeri. Pereda nyeri alami ini tidak akan memberikan efek samping bagi lambung Anda layaknya obat pereda nyeri lain yang dibeli di apotek.

4. Mengatur siklus haid

Jika dikonsumsi secara rutin, kunyit akan membantu melancarkan siklus haid. Umumnya siklus haid yang normal adalah sekitar 28 hari. Wanita yang siklus haidnya tidak teratur, yaitu lebih dari 35 hari biasanya akan mengalami nyeri yang lebih parah dari biasanya. Selain itu, aliran darah menstruasi pun bisa jadi lebih deras atau lebih sedikit. Kunyit pun akan memicu haid secara aman dan alamiah karena makanan super ini dikenal sebagai sumber estrogen yang baik bagi wanita haid.

5. Mengurangi mood swing dan depresi

Perubahan hormon yang terjadi pada saat wanita mengalami menstruasi bisa menyebabkan perubahan emosi yang cukup drastis. Anda jadi mudah marah, sedih, atau tersentuh. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amsterdam, Belanda menunjukkan bahwa kunyit berkhasiat sebagai antidepresi alami yang mampu membantu Anda mengendalikan emosi saat haid. Kurkumin dalam kunyit akan menyeimbangkan berbagai zat kimia pada otak sehingga Anda pun terhindar dari mood swing, depresi, dan gangguan tidur yang kerap terjadi saat wanita mendapat haid.

6. Mencegah infeksi

Menstruasi bisa meningkatkan risiko Anda terhadap berbagai jenis infeksi oleh jamur atau bakteri pada vagina. Tak perlu khawatir, kunyit bisa menjadi andalan untuk menghentikan dan mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Kunyit berfungsi sebagai agen antijamur dan antiseptik alami yang ampuh menjaga kesehatan vagina.

7. Meredakan perut kembung dan sembelit

Kunyit untuk wanita haid juga ampuh meredakan kembung dan sembelit. Rempah favorit masyarakat Indonesia ini berkhasiat untuk melancarkan pencernaan Anda berkat fungsinya yaitu antimikroba, antioksidan, dan antiperadangan. Maka, jangan lupa untuk selalu menyediakan kunyit jika Anda sering mengalami masalah pencernaan saat menstruasi.

Dilansir dari Bisnis.com-jaringan Harianjogja.com, wanita dapat mengonsumsi kunyit dalam bentuk minuman. Kunyit asam atau kunir asem, menjadi minuman jamu yang biasa menjadi andalan kaum hawa untuk membantuk meredakan nyeri saat haid. 

Bagaimana resepnya? 

Bahan: 

100 gram gula jawa

20 gram asam jawa

600 ml air

8 buah kunyit ukuran besar

Cara membuat:

1. Cuci bersih kunyit yang masih segar dan kupas kulitnya.

2. Parut atau blender dengan sedikit air, kemudian peras airnya hingga benar-benar habis.

3. Didihkan air, kemudian rebus air perasan kunyit, gula, dan asam jawa.

4. Setelah jamu mendidih, angkat dari kompor dan tunggu hingga dingin.

5. Saring dalam gelas atau botol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update Covid 5 Februari 2023: Kasus Positif Naik 171, Sembuh 181 & Meninggal 1

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Simak! Ini 10 Gunung Termegah di Dunia

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement