Advertisement

Tips Make Up Awet Seharian & Anti Luntur Meski Berkeringat

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 25 Januari 2023 - 05:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Make Up Awet Seharian & Anti Luntur Meski Berkeringat Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bersiap aktivitas seharian dengan make up yang tetap menempel seharian tanpa luntur meski berkeringat? Kamu perlu trik khusus untuk bisa mendapatkannya. 

Make up yang luntur bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya cuaca. Cuaca panas bisa membuat seseorang berkeringat dan mengakibatkan riasannya luntur.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Namun berkeringat juga bisa terjadi saat cuaca dingin seperti sekarang. Agar make up awet dan tahan lama tanpa luntur terkena keringat, Anda perlu mengaplikasikan beberapa hal.

Dilansir dari berbagai sumber, ini tips agar make up tidak luntur meski berkeringat dan beraktivita seharian:

Baca juga: Simak! Perhitungan Pajak Orang Super Kaya dengan Penghasilan Rp1 Miliar per Bulan

1. Pelembab ringan

Anda harus mempersiapkan kulit terlebih dahulu sebelum mengoleskan make up ke wajah. Untuk melindungi kulit dari sengatan matahari, pelembab dan SPF merupakan dua hal wajib untuk dipakai.

Agar mengurangi efek kilap pada kulit, sebaiknya pilih pelembab dan SPF dengan tekstur ringan. Lebih disarankan produk water-based, sehingga lebih mudah meresap ke dalam kulit.

2. Pakai Primer

Jika diumpamakan, primer merupakan perekat yang berfungsi membantu makeup menempel lebih lama pada kulit. Sehingga Anda perlu mengaplikasikan primer ke wajah. 

3. Pemilihan foundation dan concealer

Jika make up berisiko luntur saat terkena keringat, pertimbangkan jenis foundation dan concealer yang digunakan. Di tengah cuaca panas, tidak disarankan untuk menggunakan foundation cair. Karena saat berkeringat, foundation berpotensi luntur pada kulit.
Sebagai gantinya, gunakan foundation bubuk atau bedak yang bisa di-retouch berkali-kali dengan mudah.

4. Eyeliner

Eyeliner dan maskara seharusnya dipilih yang tahan air. Cara ini menjadi salah satu langkah mudah dalam mengatasi masalah keringat saat sedang menggunakan make up.

Eyeliner dan maskara menjadi dua hal yang rentan sekali luntur saat terkena keringat.

5. Pilih Jenis Bedak yang Sesuai

Bedak juga bisa digunakan untuk mengunci riasan agar tidak mudah luntur. Namun jangan sampai menggunakan sembarang bedak agar make up tidak bergeser. 

Sebaiknya menggunakan bedak tabur dan oleskan tipis-tipis saja ke area wajah yang rentan berkeringat. Area wajah tersebut termasuk dahi, sekitar hidung, dan area dagu.

Jenis bedak tersebut membuat make up awet dipakai sepanjang hari dan memberikan hasil akhir yang lembut. Jika ingin mengaplikasikan concealer di bawah mata, disarankan juga untuk mengaplikasikan bedak tabur di area tersebut.

6. Gunakan Kertas Minyak

Jika Anda rentan berkeringat, tidak ada salahnya membawa kertas minyak ketika bepergian. Ketika wajah sudah tampak mengkilap, berminyak, atau berkeringat, gunakan kertas minyak agar riasan tidak luntur.

Alih-alih menggosok wajah dengan handuk atau tisu, Anda bisa menggunakan kertas minyak dengan cara tap-tap secara perlahan pada wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Catat Rekor, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tertinggi dalam Sewindu

News
| Senin, 06 Februari 2023, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement