Advertisement

Simak 8 Manfaat Sunscreen untuk Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

ST-22
Senin, 16 Januari 2023 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Simak 8 Manfaat Sunscreen untuk Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini Pemakaian krim untuk wajah - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tinggal di negara tropis memaksa kita untuk menggunakan sunscreen atau tabir surya secara rutin. Sunscreen adalah produk skincare untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Lantas, apa manfaat sunscreen untuk wajah? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Manfaat Sunscreen untuk Kesehatan Wajah

Sunscreen merupakan produk perawatan kulit wajah yang harus digunakan secara rutin. Produk ini dijual bebas di pasaran dan bentuknya pun sangat beragam mulai dari lotion, gel, stick, hingga spray. Berikut ini sejumlah manfaat memakan sunscreen dengan rutin.

1. Mencegah flek hitam

Kulit yang selalu terpapar sinar matahari bisa menimbulkan flek hitam atau bintik gelap. Noda gelap berasal dari melanin atau warna gelap alami pada kulit.

Sebuah penelitian dalam Advanced Drug Delivery Reviews menyebutkan bahwa paparan sinar matahari bisa membantu kulit menghasilkan senyawa melanin. Dengan demikian, kulit akan terlindungi dari sinar UVA dan UVB.

2. Mencegah gejala rosacea

Perlu diketahui bahwa rosacea adalah keadaan kulit yang mengakibatkan kemerahan dan terlihat berurat. Salah satu manfaat sunscreen untuk kulit yaitu bisa mengurangi kemerahan tersebut.

Berdasarkan penelitian di Journal of Cosmetic Dermatology, sinar UVA dan UVB bisa mengakibatkan pecahnya dinding pembuluh darah. Kondisi tersebut menyebabkan kulit terlihat berurat dan merah.

Tak hanya itu, sinar UVB juga dapat membuat kulit kemerahan dan meradang. Penggunaan sunscreen secara rutin bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, sehingga gejala rosacea bisa dicegah sedini mungkin.

3. Mencegah jerawat dan kerusakan skin barrier

Manfaat sunscreen untuk wajah berjerawat yaitu bisa mencegah munculnya jerawat dan kerusakan pada skin barrier akibat paparan sinar matahari terus menerus. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan sunscreen sebelum beraktivitas di siang hari.

4. Melembapkan kulit

Manfaat menggunakan sunscreen juga bisa melembapkan kulit. Sinar matahari diketahui dapat menyebabkan penguapan air dalam kulit. Beberapa produk perawatan kulit diketahui mengandung bahan yang berguna menjaga kelembapan kulit. Bahan yang diketahui bisa melembapkan kulit, antara lain; gliserin, hyaluronic acid, aloe vera, dan ceramide.

5. Mencegah kanker

Manfaat memakai sunscreen secara rutin juga diketahui bisa mencegah penyakit kanker. Penggunaan sunscreen dengan kadar SPF 14 setiap hari diketahui bisa mencegah kanker sel karsinoma 40% dan kanker kulit karsinoma sekitar 50%.

6. Melindungi kulit dari sunburn

Manfaat pakai sunscreen lainnya yaitu bisa menghindari kulit dari sunburn. Perlu diketahui bahwa sunburn bisa meningkatkan risiko kanker kulit. Oleh karena itu, penting untuk rutin menggunakan sunscreen saat hendak beraktivitas, terutama aktivitas di luar rumah.

7. Mencegah tanda penuaan

Berdasarkan keterangan di parrishhealthcare.com, manfaat sunscreen untuk cowok dan wanita yaitu bisa mencegah tanda penuaan. Dengan menggunakan sunscreen, maka kerusakan kolagen dan jaringan ikat kulit bisa dicegah. Hal tersebut membuat tanda penuaan dini seperti keriput bisa dihindari.

8. Membuat warna kulit lebih rata

Kulit tidak rata bisa disebabkan oleh hiperpigmentasi. Penggunaan sunscreen diketahui bisa mencegah masalah tersebut dan membuat warna kulit lebih rata. Maka dari itu, penting untuk rutin mengaplikasikan sunscreen pada wajah.

Itulah sejumlah manfaat sunscreen untuk wajah. Sebaiknya gunakan sunscreen secara rutin setiap harinya. Sementara itu, jenis sunscreen yang digunakan bisa disesuaikan dengan tipe kulit yang dimiliki untuk mencegah iritasi maupun masalah lain pada kulit. Apabila terdapat gangguan setelah menggunakan sunscreen, sebaiknya ganti brand atau jenis sunscreen yang digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rituxikal, Obat Kanker Asli Buatan Indonesia Kini Resmi Kantongi Izin Edar BPOM

News
| Senin, 30 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Pantai Nglambor, Surganya Biota Laut Gunungkidul

Wisata
| Senin, 30 Januari 2023, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement