Advertisement

Tips Mengatasi Kaki Sakit Setelah Pakai High Heels Seharian

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 12 Januari 2023 - 20:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Mengatasi Kaki Sakit Setelah Pakai High Heels Seharian Foto ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pernah merasa sakit setelah memakai sepatu hak tinggi atau high heels terlalu lama? Kondisi ini bisa jadi sering dirasakan kaum wanita yang kesehariannya menggunakan sepatu tinggi. 

Mereka yang bekerja sebagai sales, pegawai kantor, atau pekerjaan lain yang menuntut tampil cantik di depan klien, tidak bisa jauh dari high heels sebagai penunjang penampilannya. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Jika terlalu lama memakai high heels, biasanya akan merasa pegal di betis atau sakit pada bagian tumit. Lantas bagaimana caranya mengatasi kaki yang terlanjur sakit akibat penggunaan high heels terlalu lama seperti ini? 

Ini tipsnya: 

1. Merendam kaki

Merendam kaki ke dalam air hangat yang telah ditaburi garam Epsom dapat membantu meredakan rasa sakit. Garam Epsom adalah mineral alami magnesium dan sulfat yang dapat diserap melalui kulit dan meredakan bagian tubuh yang sakit termasuk kaki.

Kandungan magnesium di dalam garam ini dapat membantu mengurangi peradangan dan juga kram di kaki. Sementara air hangat membantu melebarkan pembuluh darah dan membuka pori-pori kulit. Rendam kaki selama 20 menit sembari bersandar agar tubuh kembali rileks.

2. Melakukan peregangan

Melakukan peregangan dapat membantu mengatasi rasa sakit akibat pakai sepatu hak tinggi. Cara melakukannya mudah, Anda hanya perlu duduk dan meluruskan kedua kaki ke depan. Kemudian, bungkukkan tubuh dan raih telapak kaki Anda dengan kedua tangan, tahan selama kurang lebih 10 detik. Kemudian dengan posisi duduk yang sama, tekuk salah satu kaki ke arah dada dan tahan selama 60 detik. Kemudian, ganti kaki dan ulangi hingga Anda merasa lebih baik.

Kemudian, cobalah untuk berdiri dan putar pergelangan kaki searah dan berlawanan jarum jam secara bergantian. Peregangan yang satu ini dapat membantu melancarkan sirkulasi dan menghilangkan kelebihan cairan di kaki bagian bawah yang membuatnya terlihat membengkak.

3. Mengompres dengan es

Jika kaki terasa berdenyut dan mengalami kemerahan, maka Anda bisa mengompresnya dengan menggunakan es. Es dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan. Caranya mudah, ambil es batu atau es yang telah mencair dengan menggunakan handuk kemudian bungkus kaki bagian bawah Anda. Ingat jangan menempelkan es batu langsung ke kulit Anda karena dapat mengakibatkan kerusakan jaringan kulit. Ulangi hingga Anda merasa jauh lebih baik.

4. Memijat kaki

Memijat kaki membantu meredakan nyeri dan pegal. Anda bisa melakukannya sendiri atau meminta bantuan kepada terapis ahli. Pijat membantu melancarkan sirkulasi darah yang terhambat, mengurangi pembengkakan limfatik, dan meringankan cedera ringan yang mungkin terjadi akibat pakai sepatu hak tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Fakta-Fakta Vaksin Qdenga yang Diklaim Mampu Cegah DBD 80 Persen

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement