Advertisement

Mengenal Jenis Latto-Latto, Ada yang Bisa Menyala hingga Berukuran Jumbo

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 02 Januari 2023 - 20:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mengenal Jenis Latto-Latto, Ada yang Bisa Menyala hingga Berukuran Jumbo Latto-latto - Wikipedia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Permainan Latto-latto sepertinya sedang diminati masyarakat Indonesia saat ini. Permainan tradisional ini sudah pernah ada di awal tahun 2000. 

Tersebarnya video bermain Latto-latto di media sosial membuat permainan ini viral. Banyak tempat menjual mainan ini dengan harga yang cukup murah yakni mulai Rp7.000. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Permainan ini menyajikan dua bola keras, padat dan lembut yang dikaitkan dengan dua seutas tali dengan cincin pegangan di tengahnya. Cara memainkannya cukup mudah yakni hanya dengan menggoyangkan tangan ke atas dan ke bawah hingga kedua bola itu berbenturan.  

Dilansir dari Wikipedia, Katto-katto di Indonesia telah mengalami modifikasi pada asal usulnya. Tali yang digunakan tidak setebal tali clackers sehingga akselerasi yang dihasilkannya lebih cepat.

Baca juga: Sedang Viral! Ini Link Download dan Cara Main Latto-latto Online

Begitu pula dengan varian ukuran bola ada yang lebih kecil atau lebih besar pada umumnya. Terdapat pula jenis katto-katto dengan efek menyala. Sehingga jika dimainkan pada tempat gelap atau malam hari terlihat menarik.

Berikut ini berbagai jenis Katto-katto:

1. Katto-katto biasa

Jenis atau varian katto-katto ini memiliki dua buah bola yang kurang lebih seukuran telur ayam atau bebek. Jenis katto-katto ini menjadi standar umum untuk ukuran katto-katto. Dua buah bola yang padat dan keras ini turut mempengaruhi bunyi yang dihasilkan dan juga kecepatannya saat diayunkan. Dalam memainkan Katto-katto jenis ini harus berhati-hati agar jari-jari tangan tidak cedera terkena bolanya.

2. Katto-katto jumbo

Jenis atau varian katto-katto ini memiliki dua buah bola yang berukuran lebih besar daripada umumnya yang hampir sebesar ukuran jeruk bali. Walau bolanya lebih besar, tapi bola ini ringan dan tidak padat. Keunggulan jenis katto-katto ini adalah ringan dimainkan, bagus untuk pemula karena tidak menyakiti jika mengenai jari-jari atau tangan, dan mudah dimainkan. Kekurangannya lebih repot untuk dibawa, kecepatannya lebih lambat, dan lebih mudah rusak atau pecah.

3. Katto-katto menyala

Jenis atau varian katto-katto ini dapat memberikan efek menyala pada tempat gelap. Kedua buah bolanya terbuat dari bahan fosfor. Nyala cahaya yang dihasilkan berasal dari sinar yang diberikan dari senter Handphone atau benda pengantar cahaya lainnya. Varian katto-katto ini lazim juga disebut katto-katto senter. Keunggulan jenis Katto-katto ini adalah terlihat lebih menarik dan estetik karena ayunan bolanya yang menyala.

4. Pakujut nok-nok

Jenis atau varian katto-katto ini memiliki empat buah bola dan ketika diayunkan keempat buah bola tersebut akan saling berbenturan dan menghasilkan bunyi. Varian katto-katto ini diperkenalkan oleh masyarakat Sunda dan Ridwan Kamil menamakan varian katto-katto ini Pakujut nok-nok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Buka Suara soal Niat Kaesang Terjun ke Politik: Saya Tidak Memengaruhi

News
| Senin, 30 Januari 2023, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement