Advertisement

Ingin Wajah Tanpa Kerutan di 2023? Lakukan Cara Alami Ini

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 02 Januari 2023 - 09:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ingin Wajah Tanpa Kerutan di 2023? Lakukan Cara Alami Ini Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Seiring bertambahnya usia, munculnya kerutan di wajah menjadi salah satu kondisi yang tidak bisa dihindarkan. Kerutan ini biasanya akan mulai muncul pada perempuan usia 40 tahun. 

Adanya kerutan di wajah cukup mengganggu penampilan karena keberadaannya bisa terlihat jelas oleh siapapun. Namun tidak perlu khawatir karena kerutan bisa dihilangkan dengan cara yang mudah. 

Advertisement

Seorang perempuan tidak perlu melakukan operasi mahal tetapi bisa menghilangkan kerutan dengan cara yang alami

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami: 

1. Minum air putih yang cukup

Minum air putih sekitar 2 liter atau setara 8 gelas setiap harinya cukup membantu mengatasi kerutan di wajah. Kebiasaan ini baik untuk menjaga kelembapan alami kulit serta mencegah kulit kering dan cepat menua akibat kekurangan cairan atau dehidrasi.

2. Gunakan tabir surya

Penggunaan tabir surya setiap hari khususnya saat melakukan aktivitas di luar ruangan penting untuk dilakukan karena bisa mengurangi munculnya kerutan di wajah. Cara ini memang tidak instan untuk menghilangkan kerutan tetapi setidaknya bisa membantu menyamarkan. 

3. Batasi konsumsi gula

Konsumsi makanan dan minuman manis dipercaya dapat menambah energi dan meningkatkan suasana hati. Sayangnya jika dilakukan secara berlebihan akan merusak dan menurunkan produksi kolagen pada kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih kusam dan berkeriput. 

4. Konsumsi omega 3 dan beta karoten

Kandungan omega-3 pada makanan seperti ikan dapat melindungi kulit dan mengunci kelembapan kulit, sehingga kulit lebih halus dan bebas kerutan. Sementara itu, beta karoten yang terdapat pada ubi jalar, wortel, atau kangkung bersifat antioksidan sehingga dapat melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang berbahaya. 

5. Masker alami

Penggunaan masker alami seperti lidah buaya, pisang, beras, madu, dan putih telur bisa mengurangi kerutan di wajah, bahkan membantu kulit terlihat lebih kenyal dan sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement