Advertisement

Penyebab Stres Menjelang Pernikahan dan Cara Mengatasinya

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 15 Desember 2022 - 17:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Penyebab Stres Menjelang Pernikahan dan Cara Mengatasinya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pernikahan menjadi hari yang sangat ditunggu-tunggu bagi kebanyakan orang. Pada moment ini, seseorang akan melepas masa lajangnya dan hidup bersama dengan pujaan hati. 

Acara pernikahan yang lancar, sakral, berkesan, dengan pesta yang meriah selalu menjadi dambaan setiap orang. Persiapan pun dilakukan demi mewujudkan hari yang bahagia itu. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Namun tidak sedikit orang yang justru stres menjelang pernikahannya. Lantas apa yang menyebabkan?

1. Orang tua banyak terlibat

Mempersiapkan vendor, katering, fotografer, suvenir, hingga gaun pengantin, semuanya memiliki persiapannya sendiri dan sering memicu stres. Meski ini adalah pernikahan Anda dan pasangan, tak jarang pihak keluarga ingin ikut andil dalam mempersiapkan pernikahan Anda berdua. Terkadang, pihak keluarga justru terlalu banyak terlibat sehingga cenderung mendominasi.

Anda dan pasangan mungkin merasa sungkan untuk menolak dan merasa tertekan dengan permintaan pihak keluarga. Akibatnya, timbullah stres dan konflik-konflik kecil di antara Anda berdua dan keluarga.

2. Biaya pernikahan terlalu besar

Tak jarang para pasangan rela menghabiskan banyak uang demi tampil maksimal di resepsi pernikahan, tapi tidak berpikir panjang untuk mempersiapkan kehidupannya setelah menikah. Akibatnya, biaya pernikahan terlampau besar dan melebihi anggaran yang disiapkan.

Mewujudkan pernikahan impian sah-sah saja untuk dilakukan. Akan tetapi, jika ujung-ujungnya Anda memaksakan diri dan sampai harus pinjam uang ke mana-mana, Anda bisa merasakan stres berat karena dihantui dengan angsuran setelah menikah.

3. Tiba-tiba ragu dengan pasangan

Perasaan ragu pada pasangan sering kali muncul saat menjelang pernikahan, entah karena merasa sikap pasangan berubah atau kehadiran mantan pacar secara tiba-tiba. Kalau Anda merasa ragu karena sikap pasangan telah berubah, hal ini mungkin disebabkan karena Anda berdua kurang berkomunikasi.

Anda dan pasangan terlalu sibuk mempersiapkan pernikahan, sehingga kehilangan waktu romantis berdua. Akibatnya, pertengkaran terjadi menjelang hari pernikahan.

Lalu bagaimana menghadapi stres menjelang pernikahan?

1. Istirahat

Anda harus banyak membicarakan pernikahan Anda dengan orang-orang yang bisa dipercayai. Diskusikan hal selain perencanaan pernikahan, karena ini akan menurunkan tingkat stres Anda sampai batas tertentu.

2. Luangkan waktu untuk pasangan

Luangkan waktu terpisah untuk berbicara bersama pasangan. Atur waktu untuk bertemu secara teratur dan mengatur kejutan kecil untuk satu sama lain. Pikiran yang bahagia dapat mengatasi perasaan stres.

3. Meminta bantuan

Anda mungkin ingin menjadi perfeksionis, yang tidak suka orang lain membantu dan ingin melakukan semuanya sendiri untuk menyempurnakannya. Ingatlah, itu akan membuat Anda kelelahan. Selalu minta bantuan saat Anda membutuhkannya. Tekanan ekstrem akan membuat situasi traumatis bagi Anda.

4. Jangan terlalu berlebihan

Bersikaplah realistis dengan ekspektasi Anda. Jangan menetapkan tujuan yang tidak dapat Anda capai untuk pernikahan Anda. Misalnya, jangan berjanji pada diri sendiri untuk mempertahankan rencana diet yang sulit jika Anda tidak yakin. Selalu periksa anggaran Anda sebelum menyelesaikan apa pun.

5. Terima ketakutan Anda

Sikap menerima, akan membuat rasa stres Anda berkurang. Jadi, terimalah ketakutan Anda daripada menyangkalnya.

6. Latihan

Lakukan olahraga secara teratur agar pikiran Anda bebas stres. Lakukan meditasi, yoga, dan latihan pernapasan juga yang akan membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

7. Terapi

Setelah semua itu, jika Anda masih panik dengan rencana pernikahan Anda, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan terapis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com, Hellosehat

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Bumi, Bagaimana Kondisi WNI di Suriah?

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement