Advertisement

Jelang Libur Nataru, Waspadai Reinfeksi Covid-19 Karena Lebih Berbahaya!

ST-22
Kamis, 15 Desember 2022 - 14:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jelang Libur Nataru, Waspadai Reinfeksi Covid-19 Karena Lebih Berbahaya! Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Infeksi ulang Covid-19 menimbulkan risiko kematian, rawat inap, dan masalah kesehatan yang serius lebih besar daripada infeksi pertama, menurut sebuah studi dari University School of Medicine di St. Louis.

“Infeksi ulang Covid-19 meningkatkan risiko hasil akut dan Covid-19 jangka panjang,” kata Dr. Ziyad Al-Aly kepada VOA dan disiarkan Medical Daily beberapa waktu lalu.

Advertisement

Dalam studinya, Al-Aly berupaya mencari tahu apakah infeksi ulang menambah risiko yang ditimbulkan setelah infeksi pertama. Dia dan tim menemukan berdasarkan jumlah infeksi, risiko kumulatif dan beban infeksi berulang meningkat, risiko kematian, rawat inap, dan masalah kesehatan serius lebih besar pada infeksi ulang.

Al-Aly mencatat risikonya terbukti pada orang yang tidak divaksinasi, di vaksinasi, dan mendapatkan booster atau penguat.

Untuk penelitian tersebut, Al-Aly dan rekannya memeriksa data dari Department of Veterans Affairs Amerika Serikat dari 1 Maret 2020 hingga 6 April 2022.

Baca juga: Tok! DPR Akhirnya Sahkan Omnibus Law Keuangan UU PPSK

Data dikumpulkan dari 443.588 pasien yang mengalami satu kali infeksi Covid-19 dan 40.947 pasien dengan dua atau lebih infeksi ulang.

“Bahkan jika seseorang memiliki infeksi sebelumnya dan telah divaksinasi, artinya mereka memiliki kekebalan ganda dari infeksi sebelumnya ditambah vaksin, mereka masih rentan terhadap hasil buruk setelah infeksi ulang,” ujar Al-Aly.

Temuan studi ini dipublikasikan dalam jurnal Nature Medicine. Tim mendesak komunitas medis untuk membuat strategi pencegahan infeksi ulang guna mengurangi keseluruhan beban kematian dan penyakit parah akibat virus.

Kemudian, menjelang musim liburan, saat banyak orang akan bepergian dan menghadiri pertemuan dalam ruangan, Al-Aly mengingatkan setiap orang agar mewaspadai dampak serius infeksi ulang untuk menghindari penularan berulang.

Tindakan pencegahan masih sama seperti saat pandemi dimulai. Al-Aly mengingatkan semua orang sebaiknya memakai masker saat bepergian dan tinggal di dalam rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement