Advertisement

3 Cara Mengendalikan Emosi saat Ditinggal Mantan Menikah

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 10 Desember 2022 - 03:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
3 Cara Mengendalikan Emosi saat Ditinggal Mantan Menikah Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ditinggal nikah mantan pacar bisa menjadi hal terberat dalam hidup. Apalagi jika masih memendam rasa sayang kepadanya. 

Putus cinta dengannya saja sudah membuat hati sedih berhari-hari, apalagi mendengar sang mantan sudah menemukan kekasih baru dan segera menikah. Pasti kabar tersebut membuat hati semakin terpuruk. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Jika kamu sudah melalui fase ditinggal menikah, sebaiknya kubur dalam-dalam keinginan untuk kembali kepada sang mantan. Jangan berlarut dalam kesedihan dan segeralah bangkit. Meski terkesan hal tersebut sulit, tetapi kamu harus berusaha untuk move on. 

Dilansir dari Hellosehat, berikut ini cara mengendalikan emosi saat ditinggal nikah oleh mantan:

1. Menenangkan diri

Meditasi bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk menenangkan diri. Psikolog asal Chicago, Robbie Maller Hartman, Ph.D., menjelaskan bahwa melakukan meditasi setiap hari bisa membantu mengubah jalur saraf otak yang membuat Anda lebih tahan terhadap tekanan.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu duduk tegak dengan posisi kaki bersila. Letakkan kedua tangan di atas paha atau satu tangan di atas perut untuk membantu menyelaraskan helaan napas.

Tutup mata dan fokuskan perhatian Anda pada kata-kata positif yang Anda sugestikan pada diri. Kalimat positif yang bisa Anda ucapkan pada diri seperti “Saya kuat, saya tidak sendirian, saya juga bisa bahagia.”

Selain itu, cara sederhana lainnya yang bisa dilakukan ialah menarik napas dalam-dalam selama 5 menit. Menarik napas dalam-dalam bisa membantu menenangkan Anda dengan memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah.

2. Banyak bersyukur

Kamu perlu mengingat-ingat, apa yang membuat kamu putus dari pasanganmu. Apakah karena perbedaan prinsip, sifat buruknya, atau ada alasan kuat lain yang membuat hubungan kalian harus kandas. 

Saat kamu sudah putus dan mengetahui mantanmu menikah, justru harus bersyukur. Bersyukur karena tandanya kamu tak lagi perlu memikirkan ia yang tak pernah memikirkan kamu. Bersyukur karena mantan akhirnya mendapatkan pasangan yang bisa membahagiakannya. Kamu juga perlu bersyukur karena bisa jadi mantan adalah orang yang kurang tepat untuk mendampingimu kelak.

Meski awalnya sulit, cobalah untuk melihat berbagai sisi positif dari kesedihan yang sedang kamu alami. 

3. Curhat 

Jika merasa tidak kuat untuk menyimpannya sendiri, saatnya kamu mencurahkan hati atau curhat pada sahabat atau orangtua. Dengan bercerita, beban yang ada di dada sedikit demi sedikit akan terangkat hingga akhirnya hilang.

Keberadaan orang terdekat yang selalu siap mendengarkan cerita akan membantu menguatkan untuk menjalani hari ke depan. Dengan bercerita, kamu menjadi tahu bahwa kamu tak sendirian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bappenas Apresiasi Ganjar Pranowo terkait Penyusunan RPD dan RKPD

News
| Sabtu, 04 Februari 2023, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Kemegahan Desa Wisata Karangrejo Borobudur Menyimpan Kisah Menarik Bersama Ganjar

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement