Advertisement

Unik! Perusahaan Ini Ciptakan Sampanye yang Bisa Diminum di Luar Angkasa

Lajeng Padmaratri
Minggu, 27 November 2022 - 10:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik! Perusahaan Ini Ciptakan Sampanye yang Bisa Diminum di Luar Angkasa Desain sampanye yang bisa dinikmati di luar angkasa. - Oddity Central - Mumm

Advertisement

Harianjogja.com, PARIS—Jika bicara luar angkasa, akan ada beberapa keterbatasan yang tidak bisa kita lakukan. Salah satunya ialah soal menikmati minuman keras.

Selama ini, ada aturan bahwa astronot yang pergi ke luar angkasa tidak boleh membawa minuman keras, seperti sampanye. Pasalnya, minuman itu akan langsung berubah menjadi gelembung dan tersebar di dalam stasiun luar angkasa.

Advertisement

Namun, ada perusahaan yang menaruh perhatian untuk mengembangkan sampanye yang bisa dinikmati di luar angkasa. Merek sampanye Prancis GH Mumm telah mencurahkan banyak waktu dan sumber daya untuk mengembangkan botol sampanye futuristik yang dapat digunakan di tempat tanpa gravitasi itu.

Melansir Oddity Central, Mumm Cordon Rouge Stellar adalah sampanye pertama yang dirancang khusus untuk perjalanan luar angkasa. Miras itu muncul dalam botol setengah gelas dan dilengkapi dengan perangkat buka-tutup baja tahan karat yang dirancang khusus yang melengkung di atas gabus klasik.

Botol unik itu rupanya dilengkapi dengan katup yang dikendalikan jari yang saat digunakan bisa melepaskan segumpal bola sampanye. Astronot atau turis luar angkasa kemudian dapat mengambil minuman dari udara menggunakan gelas khusus yang menyerupai cangkir telur kecil.

“Proyek ini, tentu saja, sangat menggairahkan karena sifat teknologinya yang tinggi dan 100 persen identitas Prancisnya, mulai dari desain hingga manufaktur,” kata desainer Octave de Gaulle.

Botol sampanye biasa tidak cocok untuk gravitasi nol. Sampanye itu sendiri bereaksi berbeda terhadap kondisi luar angkasa, karena gelembung tidak naik ke permukaan sehingga tidak melepaskan molekul aroma seperti di Bumi, juga membuat aromanya berubah. Pada tahun 2017, ketika ide perjalanan ruang angkasa komersial mulai mendapat perhatian, GH Mumm memutuskan untuk menciptakan inovasi.

Setelah lima tahun penelitian dan kolaborasi dengan badan antariksa pemerintah Prancis CNES (Centre National d'Etudes Spatiales ) dan perusahaan luar angkasa Amerika yang didanai swasta Axiom Space, pembuat sampanye Prancis baru-baru ini meluncurkan Mumm Cordon Rouge Stellar.

Terlepas dari botol futuristik yang hadir dalam cangkang pelindung yang terbuat dari aluminium kelas aeronautika, GH Mumm juga menciptakan sampanye yang sangat spesial yang dirancang untuk dinikmati dalam gravitasi nol. Pembuat anggur utama perusahaan, Laurent Fresnet, menyimpan liqueur d ' exp édition dalam tong kayu ek dan kemudian menyimpan sampanye 'sur latte' yang sudah jadi selama lima tahun.

Hasil karya Fresnet adalah sampanye yang lebih berani dan pedas, dengan aroma buah yang lebih kuat dan tingkat keasaman yang lebih tinggi daripada versi Mumm. Namun, perlu diingat bahwa aroma dan rasa yang kuat ini akan terasa kurang kuat saat dialami di luar angkasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement