Advertisement

Hendak Operasi Rahim, Perempuan Ini Justru Temukan Kedua Ginjalnya Dicuri

Lajeng Padmaratri
Senin, 21 November 2022 - 23:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Hendak Operasi Rahim, Perempuan Ini Justru Temukan Kedua Ginjalnya Dicuri Ilustrasi tindakan operasi. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, MUZAFFARPUR—Seorang wanita di India hendak menjalani operasi pengangkatan rahim di salah satu klinik swasta. Nahas, dirinya justru mendapati kedua ginjalnya telah dicuri.

Melansir Oddity Central, pada September lalu, perempuan bernama Sunita Devi yang berasal dari distrik Muzaffarpur Bihar, India itu pergi ke klinik swasta di Bariyarpur untuk menjalani operasi pengangkatan rahimnya. Alih-alih rahimnya yang diangkat, dokter di sana justru mengangkat kedua ginjalnya dan kemudian kabur membawa lari organ dalam itu.

Advertisement

Kemalangan itu mulanya diketahui Sunita ketika dia dilarikan ke rumah sakit bernama Sri Krishna Medical College and Hospital (SKMCH) di Muzaffarpur, karena kondisinya mulai memburuk setelah operasi pengangkatan rahim sebelumnya.

Dokter di rumah sakit itu kemudian memeriksa wanita berusia 38 tahun tersebut. Betapa kaget dirinya ketika sang dokter memberi tahunya bahwa kedua ginjal Sunita telah diangkat dan perempuan itu memerlukan dialisis untuk bertahan hidup.

“Dokter di SKMCH merujuk Sunita ke Indira Gandhi Institute of Medical Sciences, Patna untuk perawatan. Dia dikirim kembali ke rumah sakit ini setelah perawatan di sana. Karena Sunita tidak memiliki ginjal, jika dia tidak melakukan dialisis bahkan untuk satu hari saja, maka dia bisa mati,” kata Dr. BS. Jha, pengawas SKMCH, kepada surat kabar India Times.

Keluarga Devi langsung melaporkan kejadian itu kepada pihak berwajib setempat. Polisi menemukan bahwa klinik tempatnya hendak melakukan operasi pengangkatan rahim itu bahkan tidak terdaftar dan kualifikasi dokternya tampak palsu.

Kedua tersangka berada dalam pelarian sejak kejadian tersebut, namun menurut Hindustan Times salah satu dari mereka baru saja ditangkap.

Kejadian ini sebenarnya telah menjadi legenda horor urban yang sudah berkembang selama beberapa dekade. Seseorang pergi ke klinik untuk suatu tindakan operasi penyembuhan, namun organ dalamnya justru diambil untuk dijual di pasar gelap.

Sunita yang merupakan ibu tiga anak itu kini masih dalam kondisi kritis, ia mengandalkan sesi dialisis setiap hari. Ia juga akan membutuhkan transplantasi organ untuk bertahan hidup. Dia telah diminta untuk mendaftar transplantasi ginjal, tetapi sudah ada daftar tunggu yang panjang.

Devi juga mengimbau Pemerintah India untuk membuat para dokter curang itu membayar apa yang mereka lakukan padanya. “Saya minta kepada pemerintah untuk segera menangkap dokter tertuduh yang mengangkat kedua ginjal saya. Ginjalnya harus diberikan kepada saya untuk transplantasi agar saya bisa bertahan hidup," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ruang Meletus, Warga Pesisir Pantai Diungsikan Hindari Potensi Tsunami

News
| Rabu, 17 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement