Advertisement

Konser Slank Dibatalkan, Polisi Sebut Keselamatan Penonton Berisiko

Newswire
Minggu, 06 November 2022 - 04:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Konser Slank Dibatalkan, Polisi Sebut Keselamatan Penonton Berisiko Slank. - Suara.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kapolrestabes Palembang Kombes Pol. Mokhamad Ngajib membatalkan konser grup musik Slank yang rencananya digelar Minggu (6/11/2022) di lapangan Palembang Trade Center.

Polisi tidak memberikan izin konser yang diprediksi dihadiri 10.000 Slanker itu karena dikhawatirkan bakal terjadi kericuhan.

Advertisement

“Konser Slank batal digelar demi keselamatan para penggemar,” kata Kapolrestabes Palembang Kombes Pol. Mokhamad Ngajib di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (5/11/2022) dikutip dari Antara.

Ngajib menjelaskan surat permohonan izin dari panitia penyelenggara menyebutkan konser bertajuk "Beautiful Smile Indonesia Tour" itu akan berlangsung di lapangan area komplek pertokoan Palembang Trade Center di Kecamatan Kemuning.

“Setelah dipelajari, hasilnya kepolisian tidak memberikan rekomendasi atau tidak memberikan izin Slank manggung di lapangan dalam komplek pertokoan Palembang Trade Center itu,” kata dia.

Tidak diberikannya izin terhadap konser itu karena alasan risiko keamanan dan keselamatan penonton. Menurutnya, lokasi konser berada di lingkungan mal yang ramai, tempat parkir terbatas, hingga rawan banjir saat hujan.

Kemudian, berdasarkan laporan dari personel Intelijen Keamanan (Intelkam), kemungkinan besar para penggemar Slank se-Sumatera diperkirakan akan datang ke Palembang untuk menyaksikan konser tersebut. Sehingga, jumlah penonton diprediksi akan lebih besar daripada angka estimasi panitia.

“Maka bila terjadi suatu kondisi yang sulit terkontrol atau katakanlah ricuh, akan sangat sulit dilakukan evakuasi. Belum lagi potensi kemacetan oleh antrean kendaraan penonton. Itu yang kami sampaikan ke panitia penyelenggara,” kata Ngajib.

Dengan pertimbangan tersebut, lanjutnya, panitia penyelenggara konser kemudian ingin memindahkan lokasi acara ke Stadion Kamboja, Ilir Timur 1.

Namun Pemerintah Kota Palembang juga tidak memberikan izin dengan pertimbangan serupa, yakni keselamatan para penggemar dan penonton konser.

Menurut pertimbangan Pemkot Palembang, berbagai fasilitas di stadion yang berkapasitas maksimal 10.000 orang itu sudah dalam kondisi kurang layak, rawan, hingga rusak karena termakan usia.

“Apalagi bila dipakai untuk konser band sekelas Slank, yang fans-nya merakyat (banyak sekali), bukan saja di Palembang, jadi sangat tidak memungkinkan,” jelasnya.

Atas hal tersebut, Ngajib kemudian menyarankan panitia penyelenggara mengkaji ulang secara menyeluruh, khususnya dengan lebih menjamin keamanan dan keselamatan para penggemar setia Slank dan masyarakat umum.

Ngajib memberi contoh konser dengan sistem tiket elektronik yang dapat mendata seluruh pengunjung, seperti berbagai acara musik yang sudah dilangsungkan di Palembang belakangan ini. Sehingga, jika indikator tersebut terpenuhi, maka kepolisian dan Pemkot Palembang akan mempertimbangkan memberikan izin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement