Advertisement

Lewat Dangdut, Happy Asmara Ingin Kenalkan Budaya Lokal

Newswire
Jum'at, 21 Oktober 2022 - 01:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Lewat Dangdut, Happy Asmara Ingin Kenalkan Budaya Lokal Happy Asmara. / Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Melalui karya-karyanya, penyanyi Happy Asmara ingin memperkenalkan budaya lokal Jawa Timur ke khalayak yang lebih luas. Ia ingin karyanya berupa lagu dangdut bisa diterima masyarakat umum.

"Menurut Happy, kita bisa melestarikan budaya dengan terus membawanya [dengan kita]. Maka dari itu, kita harus PD [percaya diri] saat membawakannya, dan tak lupa memberi inovasi dan hal-hal baru bagi karya-karya kita, agar masyarakat tidak jenuh," kata Happy dikutip dari Antara, Jumat (21/10/2022).

Advertisement

Perempuan kelahiran Kediri, Jawa Timur ini menuturkan kedekatannya dengan seni budaya dari tempatnya berasal pun dipengaruhi oleh sang nenek dan kedua orang tuanya. Ia mengaku keluarganya sudah mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai budaya sejak kecil.

Sebelum terkenal seperti saat ini, Happy mengaku pernah ikut pentas seni tari kuda lumping dan menyanyikan lagu-lagu daerah. Pengalaman itulah yang membawanya hingga meniti karir sebagai penyanyi dangdut.

"Dulu, orang mengira bahwa dangdut, campursari itu kuno. Tapi sekarang, keduanya merupakan 'kiblat' bagi anak muda dan cukup digemari oleh banyak generasi. Ini cocok untuk dilestarikan," ujar Happy.

Ia pun gemar membuat karya-karyanya sendiri dengan kedekatan budaya dan cerita di lingkungan sekitarnya. Ia mengaku suka membawakan lagu-lagunya dengan bahasa Jawa.

"Saya dari Jawa Timur, jadi saya membawakan lagu-lagu dengan bahasa Jawa. Selain itu, untuk ceritanya, murni saya ambil sendiri cerita saya dan teman-teman buat inspirasi lagu," kata dia.

Pelantun "Tak Ikhlasno" dan "Dalan Liyane" itu pun mengatakan dirinya mencoba melakukan sesuatu berdasarkan kemampuan diri dan nilai budaya lokal dari tempatnya berasal. Dengan begitu, harapannya nama daerahnya pun turut terangkat melalui karyanya.

"Selain itu, salah satu yang penting adalah dengan mengemas karya kita untuk menjadi terus baru, fresh, dan pas buat masyarakat. Tak lupa, kita juga harus terus konsisten dalam berkarya," ujarnya menambahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemberantasan Judi Online, Pakar Keamanan Siber: Penegakan Hukum Harus Maksimal

News
| Sabtu, 20 April 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement