Advertisement

5 Faktor Ketiak Mudah Basah, Salah Satunya Hobi Makan Pedas

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 29 Agustus 2022 - 13:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Faktor Ketiak Mudah Basah, Salah Satunya Hobi Makan Pedas Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Ketiak yang basah terkadang membuat risih. Apalagi jika sudah sampai menembus pakaian dan meninggalkan bekas. 

Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus mengetahui faktor penyebabnya. 

Advertisement

Dilansir dari Rexona, berikut ini adalah beberapa faktor yang membuat ketiak basah:

1. Sering Mengonsumsi Makanan yang Masih Panas

Tahukah Kamu, kebiasaan menyantap makanan atau minuman dalam kondisi masih panas ternyata juga berkontribusi menyebabkan masalah ketiak basah, lho. Sebab, saat kita mengonsumsi makanan panas, suhu tubuh akan ikut meningkat. Hal ini menyebabkan keringat yang keluar dari tubuh juga menjadi lebih banyak.

2. Hobi Makan Hidangan Pedas

Sama halnya seperti makanan panas, makanan yang bercita rasa pedas juga bisa memicu keluarnya keringat dalam jumlah lebih banyak. Hal ini disebabkan karena otak manusia langsung bereaksi ketika menerima zat capsaicin yang terdapat pada cabai. Zat tersebut memiliki sifat yang panas sehingga mampu meningkatkan produksi keringat.

3. Terlalu Banyak Beraktivitas

Banyaknya aktivitas yang Kamu lakukan juga memicu peningkatan produksi keringat dari tubuh. Semakin tinggi tingkat aktivitas, risiko masalah ketiak basah juga semakin meningkat. Jika tidak ditangani dengan tepat, hal tersebut bahkan bisa membuat tubuhmu menjadi berbau.

4. Kondisi Bawaaan Hiperhidrosis

Apabila Kamu merasa tidak melakukan hal-hal di atas namun tetap memiliki masalah ketiak basah, maka hal itu juga bisa disebabkan oleh kondisi medis. Salah satunya seperti kondisi keringat berlebih bawaan yang disebut hiperhidrosis. Apabila Kamu mengalami ketiak basah karena hal ini, maka ada beberapa cara mengatasi keringat berlebih akibat hiperhidrosis yang bisa Kamu coba.

5. Cuaca di Lingkungan Tempat Tinggal

Cuaca yang ada di lingkungan tempat tinggalmu juga bisa memicu masalah ketiak basah. Orang yang tinggal di daerah dataran rendah atau pesisir pantai yang bercuaca panas, cenderung memiliki risiko masalah ketiak basah yang lebih tinggi. Hal ini terjadi ketika cuaca panas dapat meningkatkan suhu tubuh dan produksi keringat berlebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Truk Tangki BBM Pertamina Terbakar di Tol Ngawi-Kertosono

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement