Advertisement

Kunyit Asam Minuman Andalan saat Haid, Aman Dikonsumsi Setiap Hari?

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 08 Agustus 2022 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kunyit Asam Minuman Andalan saat Haid, Aman Dikonsumsi Setiap Hari? Ilustrasi kunyit - ist/liversupport

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kunyit asam biasa menjadi minuman yang dikonsumsi saat sedang haid. Sesuai namanya, minuman ini terbuat dari kunyit dan asam. 

Kunyit merupakan bumbu dapur yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Tak heran jika khasiatnya sudah dikenal sejak lebih dari 4.000 tahun lalu.

Advertisement

Kunyit adalah sejenis tanaman akar memiliki warna kuning keemasan. Karena berbagai kandungan nutrisinya, tanaman akar ini bahkan telah didaulat menjadi makanan yang termasuk dalam kategori superfood atau makanan super. 

Wanita Indonesia mengenal kunyit sebagai ramuan yang ampuh antara lain untuk membantu melancarkan haid. Minuman kunyit pun menjadi andalan banyak wanita ketika sedang menstruasi. Namun apakah minuman herbal ini bisa dikonsumsi setiap hari?

Dilansir dari hellosehat, meskipun kaya akan manfaat, kunyit berisiko menimbulkan beberapa efek samping jika dikonsumsi terlalu banyak setiap harinya. Kunyit bisa berinteraksi dengan beberapa jenis obat dan suplemen tertentu misalnya obat diabetes, tekanan darah, dan pereda nyeri.

Baca juga: Kenali Penyebab Nyeri Haid yang Sampai Pingsan

Jadi sebaiknya Anda yang sedang menjalani pengobatan tertentu berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi kunyit saat menstruasi. Terlalu banyak mengonsumsi kunyit juga berisiko menyebabkan sakit perut dan memicu maag. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, kunyit aman bagi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement