Advertisement

Jangan Pilih Tempat-Tempat Ini Untuk Berteduh!

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 14 Juni 2022 - 15:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jangan Pilih Tempat-Tempat Ini Untuk Berteduh! Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Beberapa hari ini hujan yang mengguyur wilayah DIY sangat deras. Beberapa wilayah bahkan disertai dengan petir dan angin kencang sehingga memporak-porandakan pepohonan yang ada. 

Hujan yang turun dengan intensitas tinggi seperti itu membuat beberapa pengendara sepeda motor terpaksa berhenti untuk berteduh. Meskipun mereka sudah membawa jas hujan, tetapi rasa takut untuk menerobos hujan tetap tidak dapat dilawan. Apalagi jika hujan yang terjadi disertai petir dan angin kencang. 

Advertisement

Baca juga: Kemarin Hujan Angin hingga Beringin Ambruk, Cuaca Jogja Hari Ini?

Jika Anda ingin berteduh di tengah hujan yang sangat deras, sebaiknya Anda jangan memilih sembarang tempat. Berikut ini tempat-tempat yang harus Anda hindari untuk berteduh:

1. Di bawah pohon

Beberapa pohon ada yang jenis daunnya lebat sehingga menjadi perindang di saat panas terik. Namun pohon sejenis ini tidak disarankan menjadi tempat untuk berteduh saat hujan. Saat hujan deras apalagi disertai petir, jangan memilih tempat ini untuk berteduh. Sebab ika petir menyambar pohon tersebut, energi yang berasal dari petir dapat melompat dan tersalurkan ke tubuh manusia. 

2. Di bawah tiang

Tiang atau menara menjadi media yang mudah untuk dilalui petir. Terlebih jika tiang terbuat dari material seperti bisa atau baja, akan semakin menambah risiko sambaran petir saat ada manusia di dekatnya.

3. Di dekat kolam renang

Air merupakan benda yang dapat menyalurkan listrik, begitu juga dengan petir. Untuk itu jika saat terjadi hujan, menjauhlah segera dari kolam renang daripada agar tidak tersambar petir. Hal ini juga berlaku bagi siapapun yang berenang saat hujan tiba. Sebaiknya segera naik sebelum hujan deras agar tetap aman dari peristiwa yang tidak diinginkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement