Advertisement

5 Kebiasaan Menyambut Lebaran, Tidak Berhubungan dengan Keagamaan tapi Sering Dilakukan

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 08 April 2022 - 12:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Kebiasaan Menyambut Lebaran, Tidak Berhubungan dengan Keagamaan tapi Sering Dilakukan Ilustrasi servis kendaraan - Ist/Astra

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Menyambut Idulfitri atau Lebaran, beragam aktivitas sudah mulai dilakukan. Salah satunya mengecat tembok rumah. 

Kebiasaan ini tidak berhubungan dengan unsur keagamaan, tetapi sepertinya sudah lazim dilakukan kebanyakan orang menjelang Lebaran. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Berikut ini kebiasaan yang dilakukan masyarakat menjelang Lebaran, yang tidak ada hubungannya dengan keagamaan tetapi sering dilakukan:

1. Mengecat rumah

Tradisi ini bisa dikatakan unik karena banyak dilakukan orang-orang sekalipun tidak ada hubungannya dengan unsur keagamaan. Namun memperbaharui cat tembok rumah juga tidak ada salahnya karena bisa membuat penampilan rumah menjadi lebih indah di saat hari besar. 

Baca juga: Lebaran, Bakal Ada Rekayasa Lalu Lintas di Gunungkidul

2. Mengganti gorden 

Gorden yang menghiasi jendela rumah juga tak luput dari perhatian tuan rumah. Menjelang Lebaran, jual beli gorden biasanya meningkat karena orang-orang ingin membuat suasana rumahnya berbeda dengan gorden yang baru. Orang-orang biasanya akan memprioritaskan untuk mengganti gorden di ruang tamu karena ruangan ini yang akan banyak disinggahi para tamu. 

3. Servis dan Mencuci kendaraan

Hal lainnya yang dilakukan masyarakat menjelang Lebaran adalah menyervis dan mencuci kendaraan. Bagi mereka yang akan mudik ke luar kota, servis adalah hal yang penting dilakukan karena untuk memastikan kondisi kendaraannya fit. Sementara bagi masyarakat yang tidak mudik, mencuci kendaraan sepertinya sudah cukup. Setidaknya saat kendaraan dibawa untuk bersilaturahmi ke tempat saudara dan kerabat saat Lebaran, kendaraannya dalam kondisi yang bersih dan tidak berdebu. 

4. Beli baju baru

Membeli baju baru lumrah dilakukan setiap menjelang Lebaran. Hingga muncul lagu anak-anak yang sebagian liriknya berbunyi: "Baju baru, alhamdulillah. Tuk dipakai di Hari Raya". Kebiasaan masyarakat ini membuat toko pakaian, pusat perbelanjaan, dan sejenisnya menjadi ramai saat minggu-minggu terakhir puasa. Mereka berburu baju baru yang akan dipakai untuk bertemu banyak orang saat Lebaran.  

5. Berburu amplop

Seseorang yang sudah berkeluarga atau minimal sudah bekerja, biasanya akan memberi uang fitrah untuk keponakan dan juga anak-anak kecil di sekitar tempat tinggalnya. Mereka biasanya akan membungkus uang pecahan kertas itu dengan amplop bergambar yang menarik perhatian anak-anak. Saat ini amplop-amplop angpao atau fitrah semacam itu sudah banyak tersedia di toko-toko. 

Itulah lima kebiasaan masyarakat yang dilakukan menjelang Lebaran. Ada lagi kebiasaan lain yang juga Anda lakukan? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

OJK Cabut Izin Bank Bagong

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Pemugaran Candi Perwara Prambanan Bakal Tambah Daya Tarik Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement