Advertisement

Kuliah Anak Yusuf Mansur di Banyak Kampus Disorot

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 01 Maret 2022 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kuliah Anak Yusuf Mansur di Banyak Kampus Disorot Wirda Mansur dan Yusuf Mansur

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO - Kontroversi anak Yusuf Mansur, Wirda Mansur atas pengakuannya pernah berkuliah di University of Oxford, Raffles University, dan University of Buckingham rupanya masih hangat dibicarakan.

Melihat sang anak jadi sorotan netizen, Yusuf Mansur selaku sang ayah pun tak tinggal diam. Melalui akun Instagram-nya, ia pun menjelaskan riwayat pendidikan Wirda.

Advertisement

Pendakwah kelahiran 1976 itu mengatakan, bahwa sang putri memang berkuliah di University of Buckingham.

"Wirda dengan izin Allah, bener kuliah di Buckhingham University, UK. Saya udah bilang, dan jadi ajaran ke siapa aja, agar memakai Kekuatan Allah... Dalam urusan apa aja. Termasuk biaya kuliah, jalan kuliah, bisa kuliah... Di mana aja. Di kampus mana aja. Di kota dan negara mana aja," tulisnya melalui kolom caption, dikutip pada Selasa (1/3/2022).

Dirinya lalu menjelaskan bahwa Wirda memang sering berpindah-pindah sekolah, bahkan sejak masih duduk di bangku SMP.

"Wirda itu muter-muter SMP dan SMA, keliling dunia... Bermula dari pesantren ke pesantren. Ga satu pesantren. Tapi banyak pesantren. Sebentar sebentar," lanjutnya.

Baca juga: Soal Isu Wirda Lulusan Oxford, Ini Kata Yusuf Mansur

Dalam penuturannya, hal tersebut ditujukan tak lain guna mencari pengalaman, pertemanan, dan wawasan yang luas.

"[Untuk] ngejar pengalaman, pergaulan, persahabatan, wawasan.. Dan belajar sesuatu yang makro... Belajar tentang kehidupan pesantren. Kemudian setelah mencicipi berbagai kota di tanah air, Wirda ke luar negeri," kata Yusuf Mansur.

Tak hanya itu, ia pun menyebut bahwa sang anak pernah bersekolah di New York, Amerika Serikat.

"Dari sekedar dauroh di Mekkah, Madinah. Dauroh bahasa di Jordan University. Sampe sekolah formal di Newyork, USA. Kemudian ngambil sekolah bahasa di Lado, Washington DC. Sambil ambil Visa i20. Supaya kuliahnya gampang nanti kalo mau kuliah di Amrik," katanya.

Di sana, Yusuf melanjutkan, Wirda tinggal bersama seorang ustaz yang dikenalnya sangat baik.

"Makasih buat Om Om dan Tante Tantenya, di belahan bumi Allah yang direpotin Wirda dengan izin Allah... Misal keluarga Ustadz Shamsi Ali di NewYork. Di mana Wirda malah tinggal di rumah beliau, dan dianter pergi pulang ke sekolah. Keluarga Kamal, Arief, di Washington DC, yang Wirda juga tinggal di sana," pungkasnya.

Lepas dari itu, sebelum ini Wirda pun sempat membuat video klarifikasi. Dalam pengakuannya, ia mengatakan berkuliah di empat kampus.

Sebelum berkuliah di University of Buckingham, ia sempat berkuliah di University of Oxford dan Raffles University. Sementara itu, kini ia juga mengaku menempuh studi di Institut Daarul Qur'an jurusan Islam.

Berikut klarifikasi Wirda Masur soal kuliahnya:

"Gini ya, yang bilang katanya gue tuh kuliah di tiga kampus, ya itu bohong. Karena sebenarnya bukan tiga, tapi empat say. Tahun 2017 gue tuh mengambil International Baccalaureate di Oxford, tapi tidak sampai selesai. Gue pulang ke Indonesia, habis itu gue reapply, enroll ke kampus lain di Raffles University. Gue tuh nggak lama di sana, cuma sampai tiga semester.

[Lalu] tahun 2018 gue ambi gap year. Dan gue memutuskan untuk rehat sejenak, sampai 2019 gue gue reapply lagi di University of Buckingham atau UoB. Gue ambil jurusan Business Enterprise.

Di samping itu, ambil double degree di Idaqu, Institut Daarul Qur'an. Gue sebagai, kayak ya, bukan yang punya Idaqu juga tapi maksudnya ya gue ada di Idaqu masa nggak kuliah di Idaqu. Ya, gue kuliah di Idaqu-lah. Jadi gue ambil double degree ambil jurusan Islam. Jadi, ambil dua tuh di UK dan di sini [Indonesia]."

Komentar Warganet

Warganet yang membaca pemjelasan Yusuf Mansur itu pun berkomentar. 

"Keren ya anaknya tad iels nya aja 8,5 kuliah di banyak kampus tapi gak ada yang lulus kuliah apa survey ???"

"Aku ngamalin banget ilmu yakin dari ustadz, sampe aku dibuli sampe mereka gak percaya tapi Allah tunjukin jalan sampai aku sendiri gak habis pikir se dahsyat itu ilmu yakin ke Allah makasih ilmunya ustadz, sehat selalu ?"

"Apa untungnya si kuliah keluar masuk"

"Kmren blgny briminghm tadz"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com, Instagram

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Luncurkan Alquran Terjemahan Bahasa Gayo

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement