Advertisement

Untuk Pria yang Suka Pelihara Jenggot, Ini Cara Mudah Merawat Agar Lebih Sehat

Newswire
Senin, 13 Juli 2020 - 21:37 WIB
Nina Atmasari
Untuk Pria yang Suka Pelihara Jenggot, Ini Cara Mudah Merawat Agar Lebih Sehat Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Jenggot merupakan bagian dari penampilan yang diperhatikan oleh sebagian pria. Bukan sekadar agar penampilan lebih tampan, kaum adam juga menganggap jenggot sebagai simbol kejantanannya dan memproyeksikan kepribadiannya.

Tetapi terkadang jenggot tidak dirawat atau bahkan sengaja membiarkannya nampak lusuh. Konsekuensinya jenggot tentu jadi rentan gatal dan alergi. Apalagi jika cuaca sedang panas, Anda berpotensi besar berkeringat dan terjadi infeksi bakteri yang menyebabkan gatal.

Advertisement

Baca juga: Lapar Bisa Pengaruhi Suasana Hati?

Untuk mengatasi rasa gatal itu tak perlu repot untuk melakukan perawatan. Lakukan lima cara ini untuk merawat jenggot Anda lebih sehat, sebagaimana dikutip dari Times of India.

1. Cuci jenggot secara teratur

Jenggot adalah bagian dari wajah. Tergantung dari ketebalannya, tetapi jenggot bisa membuat wajah Anda menjadi lebih berminyak. Karenanya, menyebabkan infeksi bakteri dan berjerawat. Akhirnya membuat jenggot Anda gatal.

Untuk mencegahnya, Anda harus mencuci wajah dan jenggot dua kali sehari baik dengan sabun wajah. Jika Anda berada di luar dan berkeringat, gunakan tisu wajah untuk menyekanya.

2. Jaga agar tetap lembab

Selain menjaga jenggot tetap bersih, Anda juga harus menjaganya tetap lembab. Rambut jenggot berbeda dari rambut di kepala. Meskipun pendek, tetapi jenggot juga bisa berantakan dan menjadi kusut. Karena itu, lembabkan dengan bahan alami seperti lidah buaya dan minyak kelapa.

Baca juga: Benarkah Olahraga Malam Bisa Bikin Sulit Tidur?

3. Cukur dengan teratur

Jenggot yang tidak terpangkas dan menjadi terlalu lebat, bisa membuat lebih banyak infeksi bakteri dan mikroba. Selain itu, juga terlihat berantakan. Jadi, jangan lupa cukur jenggot secara teratur sekadar untuk merapikan.

4. Hentikan penggunaan bahan kimia

Bahan kimia menjadi hal buruk yang dapat terjadi pada jenggot. Meskipun sangat menjanjikan, produk kimia dapat menyebabkan peradangan dan iritasi kulit. Sebaiknya, gunakan bahan yang lebih alami untuk memelihara jenggot Anda.

5. Sisir jenggot

Jangan lupa untuk menyisir jenggot, setidaknya sekali atau dua kali sehari. Ini untuk menjaga agar jenggot tidak kusut dan terlihat rapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement