Hanya Desil 1-4 yang Bisa Terima Bansos Agustus 2026, Cek Datanya
Bansos Agustus 2026 mengacu DTSEN. Cek status penerima, desil, serta cara memperbarui dan menyanggah data melalui kanal resmi.
Ilustrasi mengatur konsumsi gula untuk kesehatan tubuh. Freepik
Harianjogja.com, JAKARTA—Konsumsi gula sejak dini harus diatur karena dapat membantu mengurangi diabetes. Hal ini disebutkan dalam hasil penelitian terbaru mengenai dampak kesehatan jangka panjang dari pembatasan konsumsi gula yang terjadi pada masa Perang Dunia II.
Menurut hasil penelitian yang dikutip dalam siaran Medical Daily, Jumat (1/11/2024), pembatasan konsumsi gula pada 1.000 hari pertama kehidupan, mulai dari masa kehamilan sampai ulang tahun kedua anak, dapat secara drastis mengurangi risiko diabetes dan hipertensi.
Hasil studi menunjukkan bahwa pembatasan asupan gula selama periode awal kehidupan dapat mengurangi risiko diabetes hingga 35% dan risiko hipertensi hingga 20%.
Temuan tersebut diperoleh dengan mengevaluasi dampak kesehatan jangka panjang dari pembatasan gula yang terjadi selama Perang Dunia II.
Para peneliti menggunakan data terbaru dari UK Biobank yang mencakup riwayat medis, faktor genetik, serta gaya hidup untuk meneliti dampak pembatasan gula pada awal kehidupan terhadap kesehatan orang dewasa pada mereka yang dikandung sebelum dan setelah penjatahan gula pada masa perang berakhir.
Dengan membandingkan kesehatan orang dewasa yang dikandung sebelum dan setelah penjatahan gula masa perang berakhir menggunakan desain studi kejadian berdasarkan data UK Biobank, para peneliti mendapati penjatahan gula di awal kehidupan mengurangi risiko diabetes dan hipertensi masing-masing sekitar 35% dan 20%.
BACA JUGA: Sebabkan Kecelakaan, 269 Perlintasan Sebidang Ditutup PT KAI
Menurut hasil penelitian, pembatasan konsumsi gula pada masa awal kehidupan juga menunda timbulnya diabetes dan hipertensi masing-masing hingga empat dan dua tahun.
Dalam publikasi hasil studi di jurnal Science, mereka mencatat risiko kesehatan kronis berkurang secara signifikan ketika ibu membatasi asupan gula mereka selama kehamilan.
Namun, manfaatnya bisa meningkat lebih banyak lagi ketika asupan gula anak setelah lahir dibatasi rata-rata tidak lebih dari delapan sendok teh atau 40 gram per hari.
Tadeja Gracner selaku penulis hasil studi menyampaikan bahwa mempelajari efek jangka panjang konsumsi gula tambahan terhadap kesehatan merupakan tantangan.
"Sulit untuk menemukan situasi di mana orang-orang secara acak terpapar pada lingkungan nutrisi yang berbeda di awal kehidupan dan mengamatinya selama 50 hingga 60 tahun. Berakhirnya penjatahan memberi kita eksperimen alami baru untuk mengatasi masalah ini," katanya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Harian Jogja, dan edisi cetak versi elektronik kami hadir di Epaper Harian Jogja.
Sumber : Antara
Bansos Agustus 2026 mengacu DTSEN. Cek status penerima, desil, serta cara memperbarui dan menyanggah data melalui kanal resmi.
Jadwal KRL Jogja-Solo Kamis 13 Agustus 2026 tersedia 15 perjalanan dari Yogyakarta ke Palur. Tarif tetap Rp8.000 sekali jalan.
BGN meminta makanan MBG yang tidak layak tidak dikonsumsi dan segera dikembalikan ke SPPG untuk diperiksa dan diinvestigasi.
Jadwal KRL Solo-Jogja Kamis 13 Agustus 2026 tersedia 12 perjalanan dari Palur ke Jogja. Tarif tetap Rp8.000 sekali jalan.
BGN membuka kanal khusus bagi guru untuk melaporkan keluhan, temuan, dan pengaduan terkait pelaksanaan Program MBG di sekolah.
Sebanyak 212 orang berhasil dievakuasi dari kebakaran KMP Putri Yasmin di Selat Lombok. SAR melanjutkan pencarian pada Kamis.