Advertisement

World Sight Day 2024, Ortho-K Bisa Jadi Solusi Kesehatan Mata Anak

Arief Junianto
Minggu, 13 Oktober 2024 - 23:47 WIB
Arief Junianto
World Sight Day 2024, Ortho-K Bisa Jadi Solusi Kesehatan Mata Anak Ilustrasi. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—World Sight Day yang tahun ini bertemakan Children, Love Your Eyes menjadi momen penting bagi orang tua untuk lebih peduli terhadap kesehatan mata anak-anak mereka.

Untuk itu, VIO Optical Clinic turut berpartisipasi dengan menggelar serangkaian program yang difokuskan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mata bagi anak-anak Indonesia. Salah satunya adalah lewat kampanye Periksa Mata dari Dini (Permadani) yang bertujuan mendeteksi gangguan penglihatan pada anak sejak usia dini serta memberikan solusi efektif untuk masalah penglihatan, termasuk salah satunya adalah terapi Ortho-K, sebagai solusi inovatif untuk masalah mata minus pada anak-anak.

Advertisement

Terapi ini merupakan metode yang efektif dan non-invasif untuk mengurangi minus mata tanpa perlu operasi.

Ortho-K (Orthokeratology) bekerja dengan menggunakan lensa khusus yang dipakai saat tidur, yang secara perlahan membentuk kembali kornea mata sehingga minus berkurang. Ketika bangun di pagi hari, anak dapat menikmati penglihatan yang jernih tanpa perlu menggunakan kacamata atau lensa kontak di siang hari.

Menurut pendiri VIO Optical Clinic, dr. Andri Agus Syah, terapi Ortho-K sangat bermanfaat bagi anak-anak yang aktif karena menghilangkan ketergantungan mereka pada kacamata yang sering kali membatasi kebebasan beraktivitas.

Selain itu, Ortho-K juga membantu meningkatkan rasa percaya diri anak-anak yang sebelumnya kurang nyaman dengan penampilan mereka saat menggunakan kacamata.

“Terapi Ortho-K adalah pilihan yang sangat baik untuk anak-anak yang mengalami mata minus. Ini bukan sekedar mengoreksi penglihatan mereka saja, tetapi juga memberikan kebebasan bagi mereka untuk beraktivitas tanpa rasa terbebani oleh kacamata. Kami sangat bangga bisa menghadirkan solusi ini bagi anak-anak Indonesia,” ucap dia melalui keterangan resmi yang dikutip, Minggu (13/10/2024).

Dengan terus mendukung kegiatan kesehatan mata seperti World Sight Day, VIO Optical Clinic berharap dapat membantu lebih banyak anak bebas dari masalah penglihatan, meningkatkan kualitas hidup mereka, serta mendorong mereka untuk lebih percaya diri dalam mencapai impian mereka.

Salah satu pasien Ortho-K, Muhammad Ardham Athala mengaku setelah menjalani terapi Ortho-K selama dua bulan, hasilnya sangat mengesankan.

Muhammad Ardham Athala adalah anak berusia 8 tahun yang berjuang dengan mata minus sejak kecil. Ardham memiliki minus -6.00 dengan silinder -1.75 di mata kanannya, serta minus -5.75 dengan silinder -1.00 di mata kirinya.

Sebelum menjalani terapi Ortho-K, Ardham merasa kurang nyaman dan kurang percaya diri ketika menggunakan kacamata. Aktivitasnya terbatas, terutama saat bersekolah dan bermain dengan teman-temannya.

“Awalnya, kami sangat khawatir dengan penglihatan Ardham. Selain minus yang cukup tinggi, dia juga merasa kurang bebas bergerak dengan kacamata. Kami melihat dia mulai kehilangan kepercayaan diri. Saat mengetahui tentang terapi Ortho-K di VIO, kami langsung tertarik untuk mencoba,” kata ibunda Ardham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dugaan Korupsi Pengadaan Truk Basarnas, Penyidik KPK Periksa 4 Saksi dari BPN dan Basarnas

News
| Senin, 14 Oktober 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di Thailand, Cek Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement