Advertisement

Pekerja Sibuk Harus Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental, Simak Kiatnya

Newswire
Senin, 16 September 2024 - 10:37 WIB
Maya Herawati
Pekerja Sibuk Harus Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental, Simak Kiatnya Jogging / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Aktivitas fisik bisa mengurangi gejala kecemasan dan depresi sekaligus meningkatkan suasana hati melalui pelepasan endorfin. Karena itu, aktivitas fisik sangat diperlukan bagi pekerja yang sibuk.

Dilansir dari situs  Hindustan Times, Senin (16/9/2024), olahraga atau jalan kaki singkat sekitar 10 menit, bisa meningkatkan stamina tubuh. Pilihlah aktivitas yang benar-benar Anda sukai, misalnya menari, berenang, atau hiking.

Advertisement

Anda juga bisa menggabungkan gerakan dalam tugas sehari-hari juga bisa efektif, misalnya memilih naik tangga daripada lift, berjalan kaki atau bersepeda untuk tugas-tugas pendek, dan melakukan latihan cepat sambil memasak atau menonton TV semuanya berkontribusi pada peningkatan aktivitas fisik.

Bagi pekerja sibuk yang memiliki jam kerja padat, maka sebaiknya lakukan gerakan singkat di lokasi kerja. Misalnya, berdiri di samping meja, minumlah pakai wadah yang kecil, sehingga Anda akan lebih sering berjalan untuk mengambil air minum di dapur kantor.

BACA JUGA: Kafe di Sleman Diduga Eksploitasi Pekerja, Majelis Buruh Sebut Bisa Dikenakan Sanksi

Simak 11 cara agar tetap sehat fisik dan mental:

  1. Tantangan Jeda Iklan

Saat Anda menonton televisi atau Youtube, kemudian menemukan iklan maka cobalah melakukan latihan mini. Cobalah push-up, squat, atau jumping jack selama setiap iklan. Ini adalah cara yang menyenangkan, sehingga Anda bisa mengakumulasi total durasi latihan singkat sepanjang hari Anda.

  1. Berjalan dan Berbicara

Saat menerima panggilan telepon, gunakanlah earphone agar Anda lebih mudah berjalan kaki di sekitar lingkungan rumah atau lingkungan kantor. Biasanya,, langkah kaki orang saat berteleponan akan lebih cepat, dibandingkan saat sedang tidak beraktivitas.

  1. Peregangan Meja

Duduk terlalu lama bisa menyebabkan bahaya, lakukanlah peregangan sederhana di samping meja. Atur pengingat waktu untuk berdiri, menyentuh jari kaki, atau melakukan gerakan memutar ringan. Istirahat mikro ini meningkatkan sirkulasi dan menjaga otot tetap fleksibel.

  1. Push up Soleous

Duduk berjam-jam di depan meja kerja atau duduk di pesawat selam berjam-jam, sangat tidak baik bagi kesehatan. Cara efektif yang bisa Anda lakukan yakni dengan mengangkat tumit setidaknya 80-100 kali dalam sehari. Tujuannya, untuk mencegah pengumpulan darah di kaki dan mengurangi risiko diabetes.

  1. Lari Cepat di Tangga

Naik lift memang nyaman, tetapi tangga adalah senjata rahasia Anda untuk kebugaran. Ingatlah untuk menaiki tangga kapan pun memungkinkan. Untuk dorongan ekstra, cobalah menaikinya dua tangga sekaligus atau lakukan calf raises di setiap anak tangga.

  1. Toothbrush Squat

Ubah rutinitas kebersihan mulut Anda menjadi latihan kaki. Saat menggosok gigi, lakukan squat atau calf raises yang lembut. Ini adalah cara mudah untuk memperkuat tubuh bagian bawah tanpa menghabiskan waktu ekstra dari hari Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Mahasiswa Unhan Ditetapkan Jadi Komcad Matra Darat

News
| Kamis, 19 September 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement