Advertisement

Kerepotan Atasi Flek Hitam di Wajah? Bahan Alami Ini Bisa Anda Coba

Arief Junianto
Jum'at, 30 Agustus 2024 - 22:27 WIB
Arief Junianto
Kerepotan Atasi Flek Hitam di Wajah? Bahan Alami Ini Bisa Anda Coba Masker wajah / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Anda kerepotan mengatasi flek hitam di wajah? Jangan buru-buru menempuh jalur medis dengan harga selangit. Anda bisa memanfaatkan bahan alami, susu adalah salah satunya.

Dilansir dari laman medicinenet.com dan manipalshospital.com, Jumat (28/8/2024), flek hitam biasanya muncul ketika seseorang mengalami hiperpigmentasi.

Advertisement

Hiperpigmentasi terjadi ketika zat melanin diproduksi oleh sel kulit dengan jumlah berlebih. Gejala hiperpigmentasi dapat berupa bintik-bintik atau bercak berwarna gelap.

Namun, kabar baik, ada bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan flek hitam wajah tersebut.

Berikut cara menghilangkan flek hitam:

Eksfoliasi menggunakan AHA dan BHA

Eksfoliasi rutin dengan asam hidroksi alfa (AHA) dan asam beta hidroksi (BHA) dapat membantu membuat kulit lebih halus, lembut, dan cerah. Keduanya dapat membantu mengurangi garis-garis halus pada kulit, menghilangkan sebum berlebih dan sel kulit mati, serta membuka pori-pori yang dapat berkontribusi dalam menghilangkan flek hitam.

Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung asam asetat, yang dapat berfungsi untuk mencerahkan pigmentasi dan mengurangi jerawat. Untuk menggunakannya, Anda harus mencarikannya dengan air dalam jumlah yang sama terlebih dahulu sebelum dioleskan ke kulit.

Setelah 2-3 menit, Anda dapat membilasnya. Menggunakannya sekali atau dua kali sehari dapat mengoptimalkan manfaat cuka sari apel.

Masker bahan alami

Masker yang terbuat dari lemon atau tepung gram adalah di antaranya. Lemon mengandung Vitamin C yang dapat mengurangi pigmentasi. Sementara, tepung gram dapat berfungsi sebagai pengelupas alami yang lembut di kulit, memperbaiki tekstur kulit, dan mengurangi hiperpigmentasi.

Masker ini dapat dioleskan ke seluruh wajah, leher, dan area bermasalah lainnya. Biarkan masker selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Susu

Beberapa jenis susu dapat membantu mencerahkan kulit karena mengandung asam laktat. Untuk menggunakannya, bentuk kapas menjadi bola, lalu rendam kapas tersebut dalam susu murni.

Oleskan seluruh area yang terkena dan bilas setelah 20-30 menit. Lakukan sekali atau dua kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Mengonsumsi air putih

Mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari adalah opsi terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kulit tetap lembut dan cerah.

Hal ini karena air putih dapat membantu membersihkan tubuh Anda dengan mengeluarkan racun berbahaya di dalamnya.

Lidah buaya

Lidah buaya mengandung 90% asam amino yang ditemukan dalam tubuh dan mengandung banyak vitamin, termasuk vitamin A, B, C dan E. Kandungan-kandungan tersebut memiliki khasiat untuk menutrisi kulit, yang dapat membantu menghilangkan flek hitam dan mengurangi perubahan warna pada kulit.

Madu

Menggunakan madu asli juga dapat menjadi opsi terbaik untuk menghilangkan flek hitam. Madu asli dapat menghidrasi kulit dan meningkatkan kualitas kulit dengan menjadikannya halus dan lembut.

Lindungi kulit dari sinar matahari Paparan sinar matahari adalah salah satu penyebab terjadinya hiperpigmentasi. Anda dapat menggunakan berbagai produk yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari, seperti payung, jaket, topi, dan lain sebagainya.

Tanpa perlindungan dari kerusakan akibat sinar matahari, perawatan medis dan alami akan sia-sia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JiBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement