Advertisement

Olahraga di Malam Hari Ternyata Banyak Manfaatnya

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 25 Agustus 2024 - 16:27 WIB
Ujang Hasanudin
Olahraga di Malam Hari Ternyata Banyak Manfaatnya Ilustrasi-Olahraga. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Banyak yang beranggapan bawah olahraga di malam hari dapat mengganggu ritem tidur, namun dapat memberikan sejumlah keuntungan yang tidak terduga dibandingkan tidak berolahraga sama sekali.

Dilansir dari timesofindia, berolahraga di malam hari bisa menjadi strategi yang berguna untuk melepaskan stres yang menumpuk di tubuh Anda di siang hari. Hal ini cukup bertentangan dengan anggapan populer bahwa berolahraga malam hanya cenderung membuat orang merasa lebih stres.

Advertisement

Pertama, endorfin yang dilepaskan saat berolahraga berpotensi mengurangi stres dan kecemasan. Saat Anda berkonsentrasi untuk melakukan pose yoga dengan benar atau mengangkat kettlebell, pengalihan ini dapat membantu menenangkan pikiran Anda dan menyelaraskannya dengan waktu tidur.

Berolahraga hingga larut malam juga dapat berdampak besar pada peningkatan performa Anda selama berolahraga. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sports Science and Medicine, “Suhu tubuh dan fungsi otot Anda relatif lebih tinggi pada sore dan sore hari, yang berpotensi meningkatkan kekuatan selama latihan larut malam.”

Ini dapat membantu Anda melakukan latihan HIIT dengan peningkatan stamina. Selain itu, begadang di siang hari dibandingkan di pagi hari juga dapat mengurangi rasa lelah, yang pada gilirannya meningkatkan tingkat energi Anda untuk latihan yang sibuk hingga larut malam.

Selain itu, Anda dapat meningkatkan fokus di malam hari. Ini berarti Anda dapat memenuhi kebutuhan tubuh Anda dengan mudah. Berolahraga hingga larut malam juga dapat memberi Anda kenyamanan dalam hal berolahraga di gym.

Berolahraga di gym yang lengkap dapat membantu Anda menambah motivasi, tetapi gym yang kosong dapat membantu Anda berkonsentrasi pada postur tubuh dengan lebih baik, dan dapat menggunakan peralatan tanpa harus menunggu lebih lama. Inilah cara Anda memaksimalkan waktu Anda di gym. Berolahraga di malam hari menjamin Anda menghargai waktu Anda dan menyelesaikan latihan dengan cepat.

BACA JUGA: Jaga Berat Badan dan Kesehatan Jantung, Begini Cara Olahraga Jalan Kaki yang benar

Apakah tidur terganggu karena berolahraga larut malam?

Meskipun hal ini banyak diperdebatkan, terdapat salah satu anggapan yang tersebar luas bahwa berolahraga larut malam dapat mengganggu dan menunda tidur Anda. Namun, bagi kebanyakan orang, melakukan olahraga ringan sebelum tidur sebenarnya dapat meningkatkan kualitas tidur.

Menurut sebuah penelitian, kualitas tidur partisipan meningkat dengan melakukan olahraga sederhana selama setengah jam yang mereka lakukan hampir dua jam sebelum tidur. Namun, disarankan untuk memperhatikan kebutuhan tubuh Anda dan membuat rutinitas pasca-latihan yang mencakup relaksasi.

Jika Anda melakukan latihan interval intensitas tinggi (HIIT) kurang dari satu jam sebelum tidur, Anda mungkin akan terombang-ambing dan tidak bisa tidur. Oleh karena itu pakar kebugaran selalu menyarankan untuk melakukan olahraga ringan seperti yoga atau peregangan ringan setidaknya satu jam sebelum tidur.

Jika seseorang berolahraga larut malam, mereka harus fokus untuk menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh mereka juga.

Jumlah makanan pascaolahraga yang tepat dapat membantu perbaikan otot setelah berolahraga. Anda harus memahami bahwa otot menurunkan protein dan membakar simpanan glikogennya saat Anda berolahraga. Oleh karena itu, kebutuhan energi tubuh harus dipenuhi dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Namun, hindari makan tepat sebelum waktu tidur karena dapat memperburuk penambahan berat badan dan bukan menurunkannya. Makan larut malam juga bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Oleh karena itu, pilihan terbaik adalah tetap mengonsumsi makanan sederhana dan mudah dicerna yang memberi tubuh Anda nutrisi yang cukup.

Makanan seperti yogurt dan buah-buahan, pisang dan selai kacang, telur matang lembut, bubuk dan batangan protein, serta kacang-kacangan seperti kenari, pistachio, kacang mete, dan almond merupakan tambahan yang bagus.

Meskipun berolahraga di malam hari memiliki banyak keuntungan, seseorang harus selalu mendapatkan saran dari spesialis kebugaran atau profesional medis sebelum memulai rutinitas olahraga yang berbeda. Penting untuk dicatat bahwa banyak orang mungkin mendapat manfaat dari olahraga larut malam, namun mungkin tidak terlalu bermanfaat bagi tubuh Anda.

Berolahraga di malam hari bisa jadi sulit bagi orang yang sensitif terhadap kafein atau mereka yang merasa kesulitan untuk bersantai setelah rutinitas yang berat.

Saat pergi lari larut malam, keselamatan Anda harus menjadi perhatian dan tindakan yang diperlukan harus diambil. Seperti yang disarankan, seseorang mungkin juga tetap berolahraga di dalam ruangan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Ditangkap karena Memelihara Landak, Warga Bali Dituntut Bebas oleh Jaksa

News
| Jum'at, 13 September 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement