Advertisement

Tidak Pede karena Keriput Muncul, Berikut Cara Mencegahnya

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 04 Agustus 2024 - 21:57 WIB
Arief Junianto
Tidak Pede karena Keriput Muncul, Berikut Cara Mencegahnya Ilustrasi keriput. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Memasuki usia 40-an, menjaga kulit tetap awet muda dan bercahaya wajib menjadi prioritas utama Anda. Meskipun melihat perubahan pada kulit Anda adalah hal yang wajar, ada beberapa strategi efektif yang dapat Anda gunakan untuk mencegah kerutan tersebut dan memastikan kulit Anda tetap cerah.

Dilansir dari timesofindia, penuaan kulit berlangsung melalui tahapan berbeda, masing-masing ditandai dengan perubahan spesifik.

Advertisement

Di usia 20-an, kulit Anda biasanya berada pada kondisi puncak kesehatannya, memiliki elastisitas dan kilau awet muda.

Namun, tanda-tanda awal penuaan mungkin dimulai secara tidak kentara, seperti sedikit kekeringan atau beberapa garis halus. Memasuki usia 30-an, Anda mungkin akan merasakan perubahan yang lebih terasa.

Garis-garis halus menjadi lebih terlihat, terutama di sekitar mata dan mulut, dan kulit mungkin mulai kehilangan kekencangannya. Kemampuan kulit dalam mempertahankan kelembapan mulai menurun sehingga berpotensi menyebabkan kulit kusam.

Pada usia 40-an, tanda-tanda penuaan semakin terlihat. Kerutan semakin dalam, dan kulit mungkin menunjukkan tekstur dan pigmentasi yang tidak merata.

Hilangnya kolagen dan elastin menjadi lebih jelas sehingga menyebabkan garis-garis kendur dan lebih menonjol.

Di usia 50-an dan seterusnya, kulit terus kehilangan elastisitas dan volumenya. Kulit kendur yang lebih parah, kerutan yang lebih dalam, dan kekeringan yang meningkat dapat terjadi.

Berikut tips menjaga kesehatan kulit wajah dan mencegah kerutan:

Terhidrasi

Bayangkan kulit Anda seperti spons; dibutuhkan hidrasi yang cukup agar tetap montok dan halus. Seiring bertambahnya usia, kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan berkurang, menyebabkan kekeringan dan kerutan.

Gabungkan pelembab berkualitas tinggi ke dalam rutinitas harian Anda. Carilah produk yang mengandung asam hialuronat atau gliserin yang membantu menarik kelembapan ke dalam kulit dan mempertahankannya.

Pertimbangkan untuk menggunakan pelembab alami seperti gel lidah buaya atau minyak kelapa, yang sangat menghidrasi dan tersedia secara luas.

Tabir surya

Tabir surya bukan hanya merupakan kebutuhan penting di musim panas—tetapi juga merupakan kebutuhan sepanjang tahun. Sinar UV dari matahari dapat mempercepat penuaan kulit sehingga menyebabkan kerutan dini dan bintik-bintik penuaan.

Pilih tabir surya berspektrum luas dengan setidaknya SPF 30 dan gunakan setiap hari, bahkan pada hari berawan. Biasakan untuk mengaplikasikan kembali setiap dua jam jika Anda berada di luar ruangan. 

Diet seimbang

Pola makan yang kaya antioksidan, vitamin, dan lemak sehat akan membantu melawan penuaan kulit dari dalam ke luar. Gabungkan buah-buahan dan sayuran seperti buah beri, jeruk, dan sayuran hijau ke dalam makanan Anda, karena mengandung antioksidan yang melawan radikal bebas.

Cukup tidur

Jangan pernah meremehkan kekuatan tidur malam yang nyenyak. Saat tidur, kulit Anda memasuki mode perbaikan, yang penting untuk menjaga elastisitas dan kilau awet muda.

Usahakan tidur berkualitas selama 7-9 jam setiap malam dan pertimbangkan untuk tidur telentang untuk menghindari tekanan pada wajah yang dapat menyebabkan kerutan.

Sarung bantal sutra juga bisa menjadi pilihan yang lembut untuk kulit Anda, mengurangi gesekan dan meminimalkan garis tidur.

Olahraga wajah

Senam wajah dapat membantu mengencangkan dan memperkuat otot-otot di bawah kulit, sehingga dapat mengurangi munculnya kerutan. Senam sederhana seperti memijat lembut wajah dengan gerakan ke atas atau melakukan pose yoga yang dirancang khusus untuk wajah dapat membuat perbedaan.

Misalnya, cobalah latihan “wajah ikan tersenyum” dengan membusungkan pipi dan menahan pose tersebut selama beberapa detik.

Latihan rutin latihan ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kekencangan kulit.

Rokok dan Alkohol

Merokok terkenal buruk bagi kulit Anda, mempercepat pembentukan kerutan dan kusam. Jika Anda seorang perokok, pertimbangkan untuk mencari dukungan untuk berhenti.

Alkohol juga dapat membuat kulit dehidrasi sehingga menyebabkan penuaan dini. Membatasi konsumsi alkohol dan berfokus pada pilihan gaya hidup yang lebih sehat tidak hanya akan bermanfaat bagi kulit Anda tetapi juga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Serunya Menteri-Menteri Prabowo Pakai Safari ala Soekarno Saat Retreat, Ini Foto-Fotonya

News
| Minggu, 27 Oktober 2024, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement