Advertisement

Penelitian Terbaru, Generasi Z Masih Banyak yang Menyukai Instagram

Rika Anggraeni
Selasa, 09 Juli 2024 - 23:07 WIB
Maya Herawati
Penelitian Terbaru, Generasi Z Masih Banyak yang Menyukai Instagram Ilustrasi Media Sosial / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Generasi Z atau Gen Z yang berada di rentang usia 16-24 tahun berdasarkan hasil penelitian terbaru masih mengidolakan Instagram sebagai media sosial berbasis foto dan video. 

Berdasarkan laporan yang dipublikasikan We Are Social dan Meltwater, Instagram bertengger di posisi teratas pada kuartal IV/2023.

Advertisement

Sebanyak 16,6% pengguna aktif media sosial berusia di rentang 16-64 tahun memilih Instagram sebagai platform media sosial favorit.

Jika dilihat dari gender, sebanyak 25,3% kelompok perempuan di usia 16–24 tahun memilih Instagram sebagai platform media sosial favorit. Begitu pun kelompok laki-laki di rentang usia yang sama dengan persentase sebesar 26,4%.

Platform milik Meta itu juga digandrungi pengguna di usia 25–34 tahun, di mana kelompok perempuan mencatatkan persentase sebesar 20% dan laki-laki 18,5%.

Bahkan, Instagram juga terpantau masih populer di kalangan usia 55–64 tahun, meski angkanya tidak dominan. Masing-masing sebesar 9,3% untuk kelompok perempuan dan sebanyak 5,9% adalah kelompok laki-laki.

BACA JUGA: Penyusunan RTDR Kawasan Tol Jogja-YIA Harus Untungkan Masyarakat

Selanjutnya, di posisi kedua adalah layanan perpesanan instan WhatApp. dengan persentase sebesar 16,3% pada kuartak IV/2023. Mengekor, ada WeChat yang terpantau menjadi platform media sosial favorit ketiga sebesar 13%.

Laporan We Are Social dan Meltwater mengungkap deretan platform media sosial lain yang masuk kategori favorit pengguna antara lain Facebook sebesar 12,27%, TikTok sebesar 7,9%, dan Douyin sebesar 6,7%.

Sementara itu, platform media sosial milik Elon Musk, yakni X (dahulu Twitter) berada di urutan ketujuh. Persentasenya hanya sebesar 3%, jauh tertinggal dibandingkan TikTok.

Kemudian, sebanyak 2,4% pengguna aktif media sosial memilih FB Messenger sebagai platform favorit. Diikuti, Telegram, LINE, dan Pinterest yang masing-masing sebesar 1,6%, 1,5%, dan 1,5%. Sisanya, sebanyak 1,3% memilih platform Snapchat, 1% memilih Xiaohongshu, dan 0,8% memilih iMessage pada kuartal IV/2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Panggil Dirjen Anggaran Kemenkeu Terkait Dugaan Kasus Gratifikasi Eks Bupati Kukar

News
| Selasa, 22 Oktober 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement