Advertisement

Tak Cuma Indonesia, Begini Uniknya Perayaan Idulfitri di Negara-Negara Ini

Arief Junianto
Minggu, 07 April 2024 - 17:17 WIB
Arief Junianto
Tak Cuma Indonesia, Begini Uniknya Perayaan Idulfitri di Negara-Negara Ini Tradisi Bayram di Turki saat Idulfitri. - freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Hari Raya Idulfitri tinggal menghitung hari. Tak hanya di Indonesia, Idulfitri juga dirayakan dengan suka cita yang diisi dengan ragam tradisi unik di sejumlah negara, terutama negara dengan populasi muslim terbanyak di dunia.

Menurut World Population Review, beberapa negara yang memiliki populasi umat muslim terbanyak di dunia per 2024 adalah Indonesia, Pakistan, Afghanistan, Suriah, Turki, dan Iran.

Advertisement

Setiap umat muslim di negara tersebut ternyata memiliki tradisi unik untuk menyambut lebaran.

Turki

Negara yang terletak di kawasan Timur Tengah ini memiliki cara tersendiri dalam menyambut Hari Raya Idulfitri atau biasa disebut Bayram. Tak jauh berbeda dengan Indonesia, penduduk di sana akan memadati pasar untuk membeli pakaian baru yang dinamakan Bayramlik.

Selain itu, masyarakat Turki akan membuat makanan manis untuk disuguhkan ke tamu atau dibagikan kepada anak-anak yang biasanya mengitar membawa kantong untuk kemudian diisi dengan makanan tersebut.

Lebih dari 90% penduduk Turki saat lebaran akan mendatangi kediaman orang tua atau kerabat dan memberikan salam Bayram dengan cara menempelkan dahinya ke orang yang berusia tua. Hal ini cara untuk menghormati kalangan tua.

Afghanistan

Kurang lebih dari 30 juta penduduk Afganistan memeluk agama Islam yang tentunya mempunyai tradisi menyambut hari kemenangan.

Berbeda dari negara lainnya, penduduk di sana melakukan tradisi tarung telur atau Tokhm-Jangi.

Jadi, sebelum memulai pertandingan, telur-telur yang siap bertarung direbus terlebih dulu. Lalu setelah matang, telur dihias sesuai kreativitas.

Pertandingan ini dilakukan oleh dua orang atau lebih. Permainannya cukup sederhana, telur akan diadu satu sama lain antara pemain A dan B.

BACA JUGA: Teras Malioboro 1 Siap Dikunjungi Wisatawan di Libur Lebaran 2024

Jika telur pemain A berhasil memecahkan telur pemain B dalam keadaan utuh, maka pemain A dinyatakan menang. Tetapi jika telur pemain B berhasil bertahan dan membuat telur pemain A pecah, maka pemain B menang dalam pertandingan.

Dapat dikatakan, telur yang tidak pecah adalah pemenangnya.

Arab Saudi

Tradisi yang melekat selama perayaan Lebaran adalah pameran kebudayaan Arab Saudi. Para penduduk Arab Saudi akan mengadakan festival teater, puisi, parade, sampai pertunjukan musik yang dibalut budaya khas Arab Saudi.

Selain itu, setiap rumah dihias agar tampak menawan saat hari Idulfitri. Dari tradisi makanan, masyarakat Arab Saudi memasak makanan berbahan dasar daging domba serta beberapa kondimen lainnya.

Pakistan

Pakistan memiliki penduduk muslim sekitar 240,8 juta jiwa. Antusias masyarakat di sana sangat tinggi dalam menyambut perhelatan lebaran melalui tradisi Chand Raat atau dimaknai sebagai malam terakhir hari Ramadan.

Pada malam terakhir itu, para wanita menghias tangannya menggunakan henna atau dikenal sebagai tradisi mehndi. Pada malam itu juga semua masyarakat memadati setiap pusat perbelanjaan dan memborong pakaian maupun barang baru lainnya.

Lebih dari itu, perayaan semakin meriah saat orang-orang mulai menghias rumahnya agar tampak semakin cantik.

Maroko

Hampir 98% penduduk Maroko beragama Islam. Pastinya lebaran memiliki tradisi unik yang telah ditekuni sejak lama oleh penduduk sekitar. Tradisi ini bernama Idiya, di mana setiap penduduk Maroko saling bertukar hadiah atau uang kepada kerabat terdekat dan orang yang kurang mampu.

Makanan khas Maroko pun tidak luput dari momen bahagia itu, masing-masing penduduk, salah satunya Tajine yang merupakan wadah tanah liat untuk memasak daging sapi, ayam, dan domba serta rempah-rempah lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement