Advertisement

10 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa

Rika Anggraeni
Sabtu, 30 Maret 2024 - 19:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
10 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa Film Agak Laen. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA —Industri film Indonesia terus berkembang. Ragam tema dan genre pun semakin beragam sehingga mampu menyuguhkan deretan film yang dapat dipilih penonton. Dalam rangka Hari Perfilaman Nasional, berikut 10 film terlaris selama 16 tahun terakhir.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah 10 film Indonesia terlaris sepanjang masa:

KKN di Desa Penari (2022)

Film KKN di Desa Penari menceritakan enam mahasiswa yang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di desa terpencil dan mulai mengalami keanehan sejak kegiatan KKN dimulai. Film ini berhasil memegang rekor film Indonesia terlaris sepanjang masa, yakni mencatatkan lebih dari 10 juta penonton.

Advertisement

Agak Laen (2024)

Film Agak Laen berbalut horor komedi ini bercerita tentang empat petugas rumah hantu yang bertugas menakut-nakuti pengunjung. Namun, rumah hantu itu tidak menunjukkan kesan seram dan membuat pihak pengelola wahana menghadirkan wahana rumah hantu yang menyeramkan. Film Agak Laen berhasil mencatatkan lebih dari 9 juta penonton sampai hari ke-53 penayangan.

Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss!

Part 1 (2016) Film yang diadaptasi dari film-film Warkop DKI dan dirilis 2016 ini telah disaksikan lebih dari 6,85 juta penonton. Film ini diproduksi oleh Falcon Pictures dan disutradarai oleh Anggy Umbara menjadi film terlaris ketiga sepanjang masa. Film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 berkisah tentang tiga sahabat —Dono, Kasino, dan Indro— yang bekerja sebagai petugas keamanan di organisasi CHIIPS (Cara Hebat Ikut Ikutan Pelayanan Sosial).

Pengabdi Setan 2: Communion (2022)

Selanjutnya, film yang ditulis dan disutradarai oleh Joko Anwar lewat Pengabdi Setan 2: Communion berhasil merengkuh lebih dari 6,39 juta penonton. Film ini merupakan sekuel Pengabdi Setan (2017). Pengabdi Setan 2: Communion mengisahkan keluarga yang tinggal di rumah susun dengan latar waktu tahun 1984. Teror demi teror mengancam mereka, termasuk dari pengganggu tak kasat mata. Dilan 1990 (2018)

Film Dilan 1990 mengusung genre romantis dan drama. Diceritakan, Milea dan keluarganya yang pindah ke Bandung. Di sana, Milea bertemu Dilan —yang dikenal sebagai salah satu anggota geng motor— di SMA di Bandung pada 1990. Film yang disutradarai Pidi Baiq dan Fajar Bustomi ini mencatatkan lebih dari 6,31 juta penonton. Film Dilan 1990 diangkat dari novel berjudul Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990 karya Pidi Baiq.

Miracle in Cell No. 7 (2022)

Berikutnya, film yang disutradarai Hanung Bramantyo ini berhasil mengantongi lebih dari 5,86 juta penonton. Film Miracle in Cell No. 7 ini merupakan adaptasi dari film yang berjudul asal asal Korea Selatan. Film dengan kisah mengharukan ini bercerita tentang kisah keluarga dari seorang ayah bernama Dodo Rozak yang menyandang disabilitas intelektual dan anak semata wayangnya, Ika Kartika Rozak.

Baca Juga

Siap-Siap, Ini Deretan Film Indonesia Siap Rilis Awal 2024

Industri Film Indonesia Tumbuh Pesat, Diprediksi Tembus 80 Penonton

Tak Hanya Petualangan Sherina 2, Ini Film Indonesia Memiliki Penonton Terbanyak

Dilan 1991 (2019)

Film terlaris sepanjang masa lainnya adalah Dilan 1991 yang merupakan sekuel dari 1990. Film drama romantis ini menceritakan kisah cinta Dilan dan Milea. Kisah keduanya banyak mengalami rintangan yang harus dilalui bersama. Film Dilan 1991 mampu mencatatkan lebih dari 5,25 juta penonton dan menjadi film Indonesia terlaris ketujuh.

Sewu Dino (2023)

Film horor kembali mengisi jajaran film terlaris Indonesia sepanjang masa. Film Sewu Dino disutradarai Kimo Stamboel, tentang seorang gadis desa bernama Sri yang sedang mencari pekerjaan dan membutuhkan uang demi mengurus sang ayah. Namun, dia terjebak dalam hal mistis, hingga terlibat dalam perjanjian gaib.  Sama seperti KKN di Desa Penari (2022), film Sewu Dino diadaptasi dari karya SimpleMan berjudul sama. Film ini menorehkan lebih dari 4,89 juta penonton.

 Laskar Pelangi (2008)

Film Laskar Pelangi mencetak rekor dengan lebih dari 4,7 juta penonton. Disutradarai Riri Riza, film ini bercerita kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah di sekolah Muhammadiyah di Belitung. Kesepuluh anak ini menjalani hidup di tengah segala keterbatasan, namun berusaha keras mengejar cita-cita. Film Laskar Pelangi dipenuhi dengan suka dan duka. Film ini juga merupakan novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada 2005.

Habibie & Ainun (2012)

Film Habibie & Ainun masuk ke 10 film terlaris sepanjang masa. Film drama biografi ini menceritakan kehidupan Rudy Habibie —seorang genius ahli pesawat terbang— dan Ainun yang merupakan seorang dokter muda. Kisah cinta mereka terlihat di film ini. Film garapan MD Pictures ini mampu mengantongi lebih dari 4,6 juta penonton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengusaha Sumbangkan Rp27 Miliar untuk Timnas Indonesia

News
| Selasa, 30 April 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement