Advertisement

Ceker Ayam Ternyata Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan

Newswire
Sabtu, 09 Desember 2023 - 16:27 WIB
Maya Herawati
Ceker Ayam Ternyata Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan Ceker ayam. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sebagian orang tidak menyukai kaki ayam karena menganggapnya menjijikkan. Selain itu, kaki ayam juga tidak memiliki daging sehingga membuat orang enggan mengonsumsinya.

Namun, ternyata kaki ayam memiliki gizi yang cukup serta mengandung fosfor, selenium, zinc, kolin, vitamin B kompleks, dan vitamin K. Selain itu, kaki ayam juga merupakan sumber gelatin dan kolagen yang baik.

Advertisement

Dikutip dari Healthline, dua kaki ayam yang setara dengan 70 gram menyediakan kalori 150 gram, protein 14 gram, lemak 10 gram, karbohidrat 0,14 gram, kalsium 5 persen, fosfor 5 persen, vitamin A 2 persen, dan folat (vitamin B9) 15 persen. Dilansir dari Food & Home, berikut beberapa manfaat kaki ayam untuk kesehatan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kaki ayam mengandung banyak mineral yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kaki ayam juga mengandung tembaga, magnesium, fosfor, seng, dan kalsium.

Meremajakan Kulit

Kaki ayam kaya akan kolagen yang bagus untuk kulit. Hal ini membantu kulit untuk meregenerasi sel-selnya dan menjaganya sehingga, meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini yang membuat kulit terlihat keriput.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan kolagen, sejumlah komponen protein pada kaki ayam, dan sejumlah komponen albumin, memberi kaki ayam kemampuan untuk mempercepat penyembuhan luka dan juga membantu mengatasi kerusakan sel.

Selain itu, dengan kemampuan kaki ayam dalam mendorong percepatan proses penggantian sel yang rusak, maka makan kaki ayam akan sangat membantu tubuh meningkatkan kemampuannya untuk menyerang infeksi.

Kerusakan sel akibat infeksi dengan lebih cepat diatasi, sehingga tubuh akan lebih efektif dalam memerangi serangan bakteri yang masuk.

BACA JUGA: PT KAI Mengantisipasi Gangguan Perjalanan Kereta Api selama Libur Akhir Tahun

Menurunkan Tekanan Darah

Kaki ayam mengandung lebih banyak protein kolagen daripada daging dada ayam. Protein kolagen kaki ayam ini berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.

Kolagen tersebut dapat menurunkan kadar renin plasma, agar tidak membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi. Selain itu kaki ayam juga mengandung kalium, sehingga orang yang memiliki hipertensi akan menjadi lebih baik jika mengonsumsi kaki ayam.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Kaki ayam bisa diolah menjadi sup atau kaldu yang rasanya lezat. Bahkan semua nutrisi seperti protein, kolagen, kondroitin, dan glukosamin juga akan larut ke dalam sup. Manfaat dari berbagai nutrisi ini sangat bagus untuk membuat pencernaan lebih sehat. Efek nutrisi ini juga sangat penting untuk membuat usus lebih sehat, membuat saluran pencernaan Anda lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ticket Hunter dan Pemudik! Ini Daftar Promo Tiket Mudik Lebaran

News
| Minggu, 25 Februari 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement