Advertisement

Tips Memilih Interior Hunian Kecil agar Terlihat Luas

Mutiara Nabila
Sabtu, 09 Desember 2023 - 13:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Tips Memilih Interior Hunian Kecil agar Terlihat Luas Ilustrasi interior rumah. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Hunian yang berukuran kecil ini kerap menjadi pilihan bagi pasangan yang baru menikah, atau bahkan bagi anak muda yang baru mulai memiliki rumah sendiri.

Namun, dengan penataan yang kurang tepat dan sembarangan membuat rumah yang sudah berukuran kecil bisa semakin terasa sempit dan berantakan.

Advertisement

Sejumlah desainer interior ini membagi tipsnya agar ruangan-ruangan di rumah yang kecil bisa terasa lega dan tetap terasa nyaman.

BACA JUGA: Turki Ajak Masyarakat Dunia Tuntut Israel atas Kejahatan Perang di Gaza

Janice Tjioe Interiors dan Maison Sava by Alphabirama mengatakan, agar rumah bisa terasa lebih nyaman bisa dengan mengutamakan fungsi furnitur daripada memilih bentuknya.

"Misal pilih meja yang versatile, selain bisa jadi meja kopi bisa jadi meja samping sofa. Bisa juga gunakan furnitur-furnitur multifungsi seperti meja makan yang bisa dilipat sehingga ruang makan juga bisa difungsikan jadi ruang keluarga, atau gunakan meja bundar," ujarnya dalam konferensi pers Forme di Jakarta, Jumat (8/12/2023).

Menurutnya, meja makan yang bundar bisa membuat alur pergerakan di dalam rumah yang kecil menjadi lebih bebas. Sedangkan jika sudah bertumbuh dan pindah ke rumah yang lebih besar, meja itu masih bisa digunakan untuk sebagai meja di tengah ruangan.

Selanjutnya, pilih untuk ruang makan, pilih jenis furnitur yang ringan, bahannya mudah dibersihkan, dan jika ingin menggunakan tekstur kayu, pilih yang pori-porinya tertutup sehingga gampang dibersihkan.

"Dekor sesuai keinginan, ambil warna yang disuka lalu padukan dengan warna netral, kalau suka warna gonjreng bisa bikin pop of color aja, misalnya pakai satu bantal kuning di sofa abu-abu," ujarnya.

Senada, Janice Christine dari Twentyfifth mengatakan, untuk rumah kecil pastikan untuk mengukur luasan rumah terlebih dahulu sebelum membeli furnitur. Selain itu, hadirkan hiasan seperti tanaman dan vas, agar rumah terasa lebih "homey".

Pilih juga furnitur yang simpel, tidak terlalu banyak pattern dan warnanya netral agar rumah terlihat lebih rapi.

"Pemilihan furnitur untuk rumah kecil pertama lihat ukurannya, pakai warna netral seperti abu biar keliahatan luas, terus pilih yang timeless dan banyak fungsinya, jadi kalau ingin dekor ulang tidak perlu beli semua lagi dari awal," katanya.

BACA JUGA: Tambang Freeport Disebut-sebut Baru Habis 1 Abad Lagi

Selain itu, mengingat keluarga kecil biasanya punya anak kecil juga, pastikan perabotan rumah terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan.

"Pilih yang bahannya kuat dan mudah dibersihkan. Jangan pilih bahan seperti marmer untuk meja kopi misalnya karena selain berisiko pecah, juga dia mudah menyerap noda, perawatannya juga rumit, harus dipoles setahun sekali. Sebaiknya pilih yang bahan kayu dengan pori kecil atau metal," jelasnya.

Kemudian, jika ingin menggunakan sofa juga saat ini sudah tersedia lapisan bahan yang sudah semi anti air, sehingga jika kena tumpahan air tidak langsung menyerap dan lebih mudah dibersihkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ticket Hunter dan Pemudik! Ini Daftar Promo Tiket Mudik Lebaran

News
| Minggu, 25 Februari 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement