Advertisement

4 Rahasia Sukses Para Pengusaha Terkaya Dunia yang Harus Kamu Ketahui

Mutiara Nabila
Jum'at, 08 Desember 2023 - 21:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
4 Rahasia Sukses Para Pengusaha Terkaya Dunia yang Harus Kamu Ketahui UMKM - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Orang terkaya di dunia rata-rata memiliki mental dan semangat di atas rata-rata. Tak heran, kerja keras mereka menuai keberhasilan hingga beberapa keturunan. Lalu apa saja rahasia pengusaha sukses seperti Steve Jobs, Elon Musk, Bill Gates, Henry Ford dan Thomas Edison? Simak informasi ini.

Melansir Entrepreneurs, dari penelitian yang dilakukan Tom Corley untuk bukunya, Rich Habits: The Daily Success Habits of Wealthy Individuals, dia mengidentifikasi empat kebiasaan yang harus ditumbuhkan oleh setiap pengusaha sukses agar bisa sukses:

Advertisement

Bertahan sampai Berkembang

Ketika ada yang tidak beres hingga membuat terpukul, pengusaha sukses tetap akan melakukan apa pun untuk bertahan. Mereka akan bekerja sepanjang waktu selama berhari-hari, berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk memperbaiki apa yang salah.

Entah bagaimana caranya menemukan uang yang mereka perlukan untuk mengulur waktu guna memecahkan masalah yang tampaknya sulit diselesaikan. Mereka juga rela mengorbankan waktu bersama keluarga dan teman, memprioritaskan mencari solusi, di atas segala hal lain dalam hidup mereka.

Belajar Mengubah Arah

Ketika wirausahawan berada dalam mode bertahan hidup, mereka yang sukses akan mengetahui dengan sangat cepat apa yang berhasil dan apa yang tidak, lalu beralih, mengubah arah, dari melakukan apa yang tidak berhasil ke apa yang berhasil. Pengusaha sukses adalah pemimpin yang ulung. Mereka belajar bagaimana mengubah haluan, mengubah arah dan mengubah jalan yang mereka ambil agar terus bergerak maju menuju realisasi impian mereka. Ini mungkin rahasia sebenarnya kesuksesan mereka.

Penerbangan pesawat pada umumnya 90% keluar jalur selama penerbangannya. Pilot dan sistem komputer di pesawat terus-menerus fokus pada tujuan, dan melakukan koreksi arah secara konstan selama penerbangan untuk tiba di tujuan.

Pengusaha sukses juga demikian, mereka terus-menerus melakukan koreksi arah selama perjalanan kewirausahaan mereka dalam mengejar impian dan tujuan mereka. Ketika tindakan mereka tidak membuahkan hasil yang mereka inginkan, mereka berubah arah.  Ketika orang-orang yang bekerja dengan mereka tidak mampu membantu memajukan mereka, mereka mencari orang lain. Ketika suatu produk atau layanan gagal dikirimkan, mereka mengubah produk atau layanan tersebut hingga terjual. Mereka terus-menerus mengubah apa yang mereka lakukan, mencari jalan lain dan kemudian mengambil jalan itu. Mereka melakukan ini berulang kali hingga mereka mencapai tujuan dan mewujudkan impian mereka.

Baca Juga: 

11 Pengusaha Muda dan 5 Profesional Terima Penghargaan Atas Kontribusi untuk Bangsa
Kisah Sukses Mahasiswa Jogja Berbisnis Fesyen dengan Omzet Ratusan Juta, Bawa Isu Ramah Lingkungan
Pemuda Jogja Ini Sukses Kembangkan Bisnis TI hingga Tembus Pasar ASEAN

Mengendalikan Emosi

Pengendalian emosi adalah kekuatan super setiap pengusaha sukses. Salah satu pengusaha dalam studi di buku Rich Habits adalah bahwa ketika mereka dihadapkan pada situasi emosional, mereka mengatakan ini berulang-ulang "Jadilah seperti Spok."

Spok adalah karakter Vulcan di serial Star Trek yang telah menguasai emosinya sehingga mampu mengambil keputusan hanya berdasarkan logika. Mengontrol emosi adalah hal yang penting karena ketika bagian emosional di otak mengambil alih kendali, sebagian korteks pra-frontal, yang merupakan pusat logika di otak, akan mati.

Keputusan yang dibuat dalam keadaan emosional hampir selalu merupakan keputusan yang buruk.   Dengan menguasai emosinya, wirausahawan sukses membuat keputusan logis, yang hampir selalu merupakan keputusan terbaik.

Tetap Bersikap positif

Hampir mustahil untuk sukses sebagai pengusaha dengan pola pikir negatif. Negatif membuat pusat emosi di otak memegang kendali dan mematikan pusat logika/analitis otak.  Ketika mengambil keputusan menggunakan pusat emosi di otak, keputusan tersebut selalu merupakan keputusan yang buruk, dan keputusan yang dibuat karena rasa takut selalu merupakan keputusan terburuk dari yang terburuk, keputusan buruk yang akan dibuat.

Lebih buruk lagi, pola pikir negatif mengganggu operasi normal sistem parasimpatis, menekan sistem kekebalan tubuh dan dapat menyebabkan depresi dan penyakit. Jadi, untuk sukses sebagai wirausaha, penting sekali untuk mempertahankan pandangan positif. Wirausahawan yang memiliki pandangan mental positif akan lebih mampu menangani stres sehari-hari dan membuat seluruh otaknya bekerja untuk stres tersebut.

Mereka cenderung lebih kreatif dan mendapat manfaat dari sebuah wawasan.  Wawasan bisa menjadi percikan kejeniusan yang memecahkan masalah yang tampaknya sulit diselesaikan hanya dengan satu pemikiran. Pengusaha paling sukses telah membentuk kebiasaan untuk tetap bersikap positif selama situasi stres. Mereka memahami bahwa berpikir positif adalah batu loncatan dari semua kreativitas dan wawasan, dan pemecahan masalah memerlukan kreativitas dan wawasan.  Berperilaku positif juga memperluas pola pemikiran, mengatur sumber daya seluruh otak dan sangat penting untuk pemecahan masalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ticket Hunter dan Pemudik! Ini Daftar Promo Tiket Mudik Lebaran

News
| Minggu, 25 Februari 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement