Advertisement

Contoh Ide Bisnis Cocok untuk Mahasiswa Jogja

Newswire
Sabtu, 02 Desember 2023 - 12:17 WIB
Sunartono
Contoh Ide Bisnis Cocok untuk Mahasiswa Jogja Ojek online / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mahasiswa Jogja yang sedang merantau dan jauh dari keluarga, biasanya memiliki biaya tambahan selain uang kuliah. Seringkali mahasiswa berpikir untuk mencari ide bisnis dan peluang usaha.   

Tidak sedikit mahasiswa yang melakukan pekerjaan paruh waktu, namun dianggap kurang fleksibel lantaran waktu yang bentrok dengan jadwal kuliah.

Advertisement

BACA JUGA : Manfaatkan Euforia Pesta Demokrasi, Ini 6 Peluang Bisnis Menjanjikan Jelang Pemilu

Berikut adalah ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa:

1. Bisnis Pulsa

Internet menjadi kebutuhan pokok untuk masyarakat berkomunikasi secara jauh. Ide bisnis ini cocok untuk mahasiswa yang ingin menambah uang tambahan. Cukup bermodal kecil anda dapat membeli pulsa ke agen dan menjual kan nya kembali. Hal tersebut berpotensi anda mendapatkan keuntungan untuk menambah uang saku anda.  

2. Les Private  

Ide bisnis private les belajar cocok untuk seorang mahasiswa menambah uang saku, pasalnya bisnis yang dilakukan ini tidak dengan modal. Bisnis ini cocok untuk semua jurusan mahasiswa karena bisnis ini mengandalkan pengetahuan yang kita dapatkan untuk diajarkan kembali kepada yang membutuhkan. Melalui bisnis ini anda dapat menghasilkan uang mulai dari Rp50.000 hingga Rp100.000 per sesi.  

3. Fotographer  

Gemar memfoto? mempunyai kamera? kini kamera dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan foto-foto yang indah.  Bisnis fotografi ini cukup dengan memanfaatkan kamera dan kemampuan dalam memotret dengan sungguh sungguh. Bisnis ini dapat dilakukan ketika momen wisuda, foto bersama keluarga, organisasi, event atau wedding.  

4. Pemandu Wisata  

Bagi yang bingung ide bisnis apalagi yang harus dilakukan, kalian dapat mencoba pemandu wisata. Bisnis ini hanya bermodalkan kemampuan anda dalam mengetahui lokasi, sejarah serta kemampuan berbahasa asing bagi wisatawan asing.  Bisnis ini cocok untuk kalian yang ingin menambah uang saku karena bisnis ini tidak memerlukan modal yang banyak hanya dengan kemampuan yang di punya.

5. Penerjemah

Bisnis ini cocok untuk mahasiswa pasalnya ada banyak karya ilmiah yang harus diterjemahkan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia. Bisnis ini hanya mengandalkan kemampuan dalam berbahasa asing yang fasih dan anda bisa mendapatkan uang saku tambahan.  

6. Content Creator  

Media social menjadi platform yang banyak digunakan anak muda saat ini. Melalui kreativitas nya membuat konten menjadi salah satu personal branding untuk dirinya di media sosial. Hal tersebut bisa mendapatkan penghasilan melalui kerja sama brand seperti endorsement.  

7. Jasa buket dan gift  

Baru-baru ini banyak sekali yang memberikan buket bunga atau uang sebagai ucapan selamat. Bagi kalangan mahasiswa tentu menjadi hal yang umum untuk merayakan kelulusan.  Hal tersebut dapat dicoba dengan membuka jasa pembuatan buket baik bunga dan uang untuk menambah penghasilan uang saku anda.

8. Menjual snack

Makanan ringan menjadi salah satu teman bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas. Memanfaatkan makanan anda bisa mendapatkan uang dengan cara menjual makanan tersebut ke teman kampus. Anda dapat menjadi supplier dengan membeli barang yang lebih murah kemudian kalian jualkan kepada teman dengan harga tambahan, dengan usaha ini kalian dapat menambah uang saku bulanan.  Baca Juga : Ide Bisnis Jelang Ramadan 2023, Bisa Tambah Cuan untuk Lebaran

BACA JUGA : Jadi Pembicara Bincang Bisnis, Roti Ropi Ajak Mahasiswa Tertarik Jadi Pengusaha

9. Reseller Online Shop

Usaha online shop banyak digandrungi masyarakat saat ini termasuk mahasiswa. pasalnya dengan menjadi reseller online shop kalian dapat menghasilkan uang saku tambahan.  Cukup dengan menggunakan marketplace yang populer kalian dapat menjual kembali barang yang terdapat dalam toko tersebut. Hal ini banyak mahasiswa yang ikut menjadi reseller dalam online shop ini untuk menghasilkan uang saku tambahan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ticket Hunter dan Pemudik! Ini Daftar Promo Tiket Mudik Lebaran

News
| Minggu, 25 Februari 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement