Advertisement

Pengendara Hobi Klakson Bikin Negara Ini Paling Bising di Dunia

Lajeng Padmaratri
Senin, 30 Oktober 2023 - 18:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Pengendara Hobi Klakson Bikin Negara Ini Paling Bising di Dunia Ilustrasi lalu lintas India. - HindustanTimes

Advertisement

Harianjogja.com, NEW DELHI—Suasana lalu lintas di India selalu diwarnai suara klakson yang bersahut-sahutan. Tak ayal, negara itu dinobatkan sebagai negara terbising di dunia.

Di India, klakson tak hanya dibunyikan oleh kendaraan dengan kepentingan darurat saja, seperti mobil pemadam kebakaran ataupun ambulans. Di negara itu, hampir semua kendaraan membunyikan klakson saat kepadatan lalu lintas terjadi, menjadikan suasana jalan raya selalu bising setiap waktu.

Advertisement

BACA JUGA: Unik, Negara Ini Punya Stasiun MRT Serba Pink

Melansir The Independent, pada 2021 lalu Menteri Transportasi Federal India Nitin Gadkari mengatakan ia akan segera membuat aturan untuk mengganti suara klakson kendaraan dengan suara alat musik India sehingga suasana jalan raya tidak begitu bising dan lebih menyenangkan.

Gadkari juga mempertimbangkan untuk mengganti sirine yang digunakan oleh ambulans dan kendaraan polisi dengan nada yang lebih menyenangkan yang diputar di stasiun penyiaran nasional All India Radio.

Gadkari, seorang anggota parlemen dari Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa di India, mengatakan ia merasa jengkel ketika para menteri berjalan di jalan sambil menyalakan sirine dengan volume penuh. “Ini juga membahayakan telinga,” katanya.

BACA JUGA: Mengintip 5 Kota di Prancis yang Jadi Incaran Wisatawan

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, untuk menghindari kerusakan akut pada telinga bagian dalam, orang dewasa tidak boleh terkena tekanan lebih dari 140 desibel atau setara dengan suara petasan.

Dari berbagai kota, rupanya Mumbai jadi kota paling bising. Tingkat kebisingan di sana ialah 100 desibel, setara dengan suara jet yang lepas landas pada ketinggian 305 meter.

Seperti diketahui, Mumbai adalah kota terpadat di India. Pertumbuhan penduduk yang cepat disebabkan oleh para migran yang bermigrasi dari bagian lain negara itu untuk mencari peluang bisnis dan pekerjaan. Populasi perkotaan Mumbai diperkirakan lebih dari 22 juta orang.

Meski demikian, klakson bukanlah sumber satu-satunya polusi udara di sana. Selain itu, keberadaan banyak acara perayaan meriah di India dan kembang api menyumbang faktor kota itu jadi kota yang paling bising.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : The Independent

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement