Advertisement

Berikut Deretan Film Terbaik Michael Gambon, Aktor yang Memerankan Dumbledore

Redaksi
Sabtu, 30 September 2023 - 13:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Berikut Deretan Film Terbaik Michael Gambon, Aktor yang Memerankan Dumbledore Michael Gambon, pemeran Dumbledore, meninggal dunia. - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Beberapa hari yang lalu, industri film internasional sedang berduka karena Michael Gambon meninggal dunia. Dia adalah aktor asal Irlandia yang telah membintangi berbagai film, dari drama klasik hingga blockbuster. 

Gambon dikenal luas karena perannya sebagai Albus Dumbledore dalam seri film Harry Potter. Dia meninggal pada usianya ke-82 tahun. Dilansir dari Screen Rant, karier Gambon selama enam dekade sebagai aktor dipenuhi dengan penampilan luar biasa di berbagai media, termasuk drama, film, dan televisi. 

Advertisement

BACA JUGA: Kisah Karier Michael Gambon, si Dumbledore dalam Film Harry Potter yang Meninggal Dunia

Karier Gambon yang sangat panjang mencakup banyak penghargaan dalam film-film terkenal. Dicatat oleh IMDb, Gambon telah menjadi aktor di 172 film atau serial.

Simak film-film yang diperankan oleh Michael Gambon yang bisa Anda tonton:

1. The King's Speech 

Film ini adalah salah satu film terbaik abad ke-21. Drama sejarah ini berhak memenangkan Academy Award untuk Film Terbaik, bersama dengan total 12 nominasi tahun itu dan tiga kemenangan lainnya. The King's Speech menceritakan tentang perjuangan Raja George VI di masa depan dengan hambatan bicara dan terapi bahasa yang ia jalani agar mampu berbicara di depan orang banyak. Michael Gambon berperan sebagai Raja George V, ayah dari protagonis film tersebut. 


2. Path to War 

Film televisi biografi ini dirilis secara eksklusif di HBO. Film ini bercerita mengenai Presiden Lyndon B. Johnson dan kabinetnya saat mereka menangani Perang Vietnam. Mereka merinci sudut pandang dan mengeksplorasi keputusan paling penting yang dibuatnya saat itu. Penggambaran Michael Gambon sebagai Presiden Johnson mendapat pujian luas dari para kritikus.


3. Gosford Park 

Gosford Park karya Robert Altman merupakan film misteri komedi. Inu menceritakan tentang pembunuhan di rumah pedesaan Inggris yang penuh dengan orang Inggris kaya dan seorang produser film Amerika. Gosford Park sukses secara finansial dan kritis, mendapatkan tujuh nominasi Academy Award, termasuk satu untuk Film Terbaik. Michael Gambon berperan sebagai Sir William McCordle, seorang industrialis dan baronet kaya.


4. Harry Potter and the Prisoner of Azkaban

Ini merupakan salah satu film Harry Potter terbaik. Film ini bercerita tentang upaya Harry untuk menjalani satu tahun lagi di Hogwarts. Dia selalu dibayang-bayangi pengkhianat orang tuanya, Sirius Black. Penampilan Michael Gambon sebagai perombakan Dumbledore di film ketiga Harry Potter menangkap sikap karakter yang ceria dan agak konyol di buku-buku awal Harry Potter. Namun, dia tidak kehilangan kebijaksanaan dan kekuatan yang menentukan peran tersebut. 


5. The Insider

Film drama ini mendapat pujian kritis yang dibintangi oleh Al Pacino dan Russell Crowe. Michael Gambon memainkan peran pendukung yang penting. Film ini menceritakan kisah nyata Jeffrey Wigand, seorang pelapor di industri tembakau. Gambon berperan sebagai CEO perusahaan tembakau Brown & Williamson. Dia adalah antagonis utama. Meskipun The Insider tidak sukses di box office, film ini dipuji oleh para kritikus dan salah satu film terbaik Gambon.


6. The Cook, the Thief, His Wife and Her Lover

Film ini merupakan drama kriminal tahun 1989. Michael Gambon memainkan peran penting. Ini adalah salah satu film tergelap yang pernah diikuti Gambon. Dia berperan sebagai "pencuri", Albert Spica, yang istrinya mulai berselingkuh dengan pemilik toko buku. Gambon berperan sebagai pria yang kejam dan pendendam yang melakukan banyak kekejaman sepanjang film.


7. The Wings of the Dove 

Film drama romantis tahun 1997 ini berdasarkan novel Henry James dengan judul yang sama. Film ini menceritakan upaya seorang wanita untuk menikahi pria yang dicintainya meskipun kondisi keuangannya rendah. Michael Gambon berperan sebagai ayah dari tokoh utama film tersebut, Kate. Dia memberikan penampilan yang meyakinkan dan esensial yang meningkatkan kualitas film. 


8. Page Eight 

Film thriller politik Inggris ini membuat Michael Gambon berperan sebagai Benedict Baron, Direktur Jenderal MI5. Film ini mengungkap laporan misterius yang mengancam stabilitas MI5 itu sendiri. Gambon memainkan perannya dengan sempurna.


9. Fantastic Mr. Fox 

Film Wes Anderson ini mengadaptasi novel anak-anak berjudul sama karya Roald Dahl dengan menggunakan salah satu pemeran animasi terbaik yang pernah dirangkai. Gambon berperan sebagai Bean, salah satu petani yang mengancam Mr. Fox dan komunitasnya. 


10. Paddington

Pada film ini, Gambon tidak berperan secara keseluruhan, melainkan hanya sebagai aktor suara. Dia mengisi suara Paman Pastuzo, seekor beruang. Film ini menceritakan tentang seekor beruang muda Peru, Paddington, melakukan perjalanan ke London untuk mencari rumah. Dia tersesat dan sendirian di Stasiun Paddington. Lalu, dia bertemu dengan keluarga Brown yang baik hati yang menawarinya tempat berlindung sementara. (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Surat Edaran Lengkap Kewaspadaan Mycoplasma Pneumonia, Ini Link untuk Mendownload

News
| Minggu, 03 Desember 2023, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Jelang Natal Saatnya Wisata Ziarah ke Goa Maria Tritis di Gunungkidul, Ini Rute dan Sejarahnya

Wisata
| Jum'at, 01 Desember 2023, 19:12 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement