Advertisement

Kamera Terkecil di Dunia Seukuran Sebutir Garam, Ternyata Ini Fungsinya

Lajeng Padmaratri
Rabu, 20 September 2023 - 22:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Kamera Terkecil di Dunia Seukuran Sebutir Garam, Ternyata Ini Fungsinya Kamera terkecil di dunia. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perkembangan teknologi semakin hari terus melahirkan inovasi tiada henti. Kini, bahkan ada kamera yang ukurannya sebesar satu butir garam, menjadikan kamera itu sebagai kamera terkecil di dunia.

Melansir Oddity Central, perusahaan teknologi global asal Amerika, Omnivision, telah berhasil mencetak sejarah dengan memperkenalkan OVM6948 CameraCubeChip, kamera terkecil di dunia yang ukurannya hanya sebutir garam. Kamera super mungil ini berukuran 0,65 mm x 0,65 mm dan tinggi sekitar 1,158 mm.

Advertisement

Inovasi ini tentu membawa pencitraan digital ke tingkat baru. Kamera ini bahkan diklaim Guinness World Record sebagai kamera terkecil di dunia yang tersedia secara komersial.

BACA JUGA: Gereja Terkecil di Dunia, Lokasinya Unik Ada di Tengah Kolam

Rupanya, kamera ini diperuntukkan bagi dunia medis. CameraCubeChip ini bisa dipasang pada berbagai instrumen medis, seperti di dalam kawat pemandu sekali pakai, endoskopi, dan kateter dengan diameter sekecil 1,0 mm. Ukurannya yang sangat kecil membuatnya sempurna untuk digunakan dalam pembuluh darah tersempit di tubuh untuk prosedur neuro, oftalmik, THT, jantung, tulang belakang, urologi, ginekologi, dan artroskopi.

Meskipun tubuhnya kecil, kamera ini menawarkan resolusi tinggi 200 x 200, atau 40 KPixel dengan pencahayaan bagian belakang, menghasilkan gambar berkualitas tinggi dari beberapa area paling sensitif di tubuh manusia.

Ternyata, kamera ini juga merupakan satu-satunya kamera chip-on-tip di dunia dengan penerangan bagian belakang yang memberikan kinerja cahaya rendah yang lebih baik untuk membantu mengurangi panas LED.

BACA JUGA: 3 Tempat Jogging di Bantul dengan Pemandangan Menawan

Menurut situs web Omnivision, karena konsumsi daya sensor yang rendah, lebih sedikit panas yang dihasilkan di ujung distal endoskopi, sehingga meningkatkan kenyamanan pasien dan memungkinkan prosedur berdurasi lebih lama.

Kamera terkecil di dunia memiliki bidang pandang lebar 120 derajat dan rentang fokus yang diperluas dari 3 mm hingga 30 mm. Ia dapat merekam video hingga 30 frame per detik, dan output analognya dapat mengirimkan lebih dari 4 meter dengan noise minimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perhatikan! Per 1 Mei 2024 Pengajuan Berkas Kasasi dan PK di MA Wajib Daring

News
| Minggu, 28 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement